DLHK Kabupaten Palas Siap Tertibkan Limbah Pabrik

212

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Di Kabupaten Padang Lawas banyak beroperasi Perusahaan Kebun Sawit yang terkadang menjadi sorotan di kalangan masyarakat seperti pembuangan limbah pabrik nya yang ditakutkan kalau tidak di awasi dengan serius bisa menjadi bencana bagi lingkungan.

Oleh karena itu team Media ini berkoordinasi langsung dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan( DLHK) Kabupaten Padang Lawas Bapak Ongku Bosar Daulay SPd di ruang kerjanya.

Dari hasil koordinasi tersebut Kadis DLHK Kabupaten Palas Ongku Bosar dly S.pd menjelaskan bahwa pengawasan terkait limbah pabrik di Kabupaten Palas selalu dilakukan secara rutin.
“Untuk Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan selalu ditugaskan wajib per Tiga bulannya untuk turun ke lapangan agar selalu memeriksa masalah-masalah terkait fasilitas limbah pabrik kelapa sawit seperti pipa limbah, kolam limbahnya serta layak atau tidaknya fasilitas tersebut untuk dipergunakan “, ungkapnya.

Tambah Ongku,”kalau memang fasilitas nya sudah tidak layak pakai pihak kami akan menegurnya untuk cepat diperbaiki dan juga kotoran pabrik yang terkadang menyumbat agar segera dibersihkan dan di setiap bulannya kadar limbah pabrik kelapa sawit tersebut akan kami buat sampel untuk di bawa ke Laboratorium untuk dicek kadar limbahnya”, ungkapnya.

Lanjut Ongku,”jika hasil dari pemeriksaan limbah di Laboratorium buruk bagi Lingkungan si pihak perusahaan akan diberikan sanksi yang tegas dan kalau tetap membandel izin operasional perusahaan tersebut akan segera dicabut dari Kabupaten Palas”, ungkap Kadis DLHK Kabupaten Palas Ongku Bosar Daulay SPd kepada media di ruang kerjanya. (Rh)