DJP Sumut I Apresiasi 254 Relawan Pajak Tahun 2023

184
Pemberian penghargaan kepada relawan pajak terbaik.

MEDAN ketikberita.com | Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) memberikan apresiasi kepada 254 Relawan Pajak pada kegiatan Penutupan Program Relawan Pajak Tahun 2023 di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I, Selasa, (17/10/23).

Program Relawan Pajak 2023 telah dimulai sejak dikukuhkan pada 13 Februari 2023 sampai dengan 30 September 2023. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak serta mendorong implementasi kegiatan peyuluhan perpajakan yang melibatkan pihak ketiga. Selama masa tugasnya, Relawan Pajak ditempatkan di sembilan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang berada di lingkungan Kanwil DJP Sumut I.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi menyampaikan bahwa Program Relawan Pajak merupakan bukti nyata dukungan penuh DJP kepada dunia pendidikan tinggi. Peran pajak yang sangat penting memerlukan adanya dukungan penuh dari seluruh komponen masyarakat, terutama wajib pajak.

“Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Relawan Pajak dan seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan program ini. Semoga kerja sama yang telah dibangun selama ini dapat terus terjalin dengan baik,” ujar Eddi Wahyudi.

Kanwil DJP Sumut I menerima partisipasi 254 Relawan Pajak tahun 2023 yang terdiri dari 245 mahasiswa dan 9 non mahasiswa. Relawan Pajak mahasiswa berasal dari 8 Tax Center Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas HKBP Nommensen, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Pembangunan Panca Budi, Univesitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI), dan Politeknik Negeri Medan.

“Pada tahun ini, Kanwil DJP Sumut I juga berkolaborasi dengan 9 relawan pajak non mahasiswa, yang berasal dari Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Sumatera Utara, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Medan, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara, Founder Mowiee Indonesia, dan 5 dosen perguruan tinggi,” kata Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Lusi Yuliani.

Lusi Yuliani menyampaikan bahwa Relawan Pajak 2023 berkontribusi dalam mendukung kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan dan implementasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Kanwil DJP Sumut I.

Salah satu rangkaian kegiatan penutupan relawan pajak adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC). Lomba diikuti oleh perwakilan Relawan Pajak mahasiswa dari 8 perguruan tinggi. Politeknik WBI berhasil menjuarai kompetisi tersebut sebagai peringkat 1, diikuti oleh UMSU sebagai peringkat 2, dan UMN Al Washliyah sebagai peringkat 3.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada tiga Relawan Pajak terbaik, yaitu Rafika Wardani Pulungan dan R. Algis Yogi Prabowo dari USU, serta Reva Putri Arihan dari Universitas Pembangunan Panca Budi. Kanwil DJP Sumut I turut memberikan apresiasi kepada unit kerja dengan pendayagunaan Relawan Pajak terbaik, yaitu KPP Madya Dua Medan.

Hadir dalam acara tersebut Ketua IKPI Medan Barry Kesuma dan Ketua AKP2I Sumatera Utara Saragi Tua Simarmata. “Kegiatan Relawan Pajak 2023 mendorong para dosen dan mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi terkait kewajiban pelaporan SPT tahunan dan pemadanan NIK menjadi NPWP,” ungkap Saragi Tua Simarmata.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Relawan Pajak Universitas Pembangunan Panca Budi Reva Putri Arihan menyampaikan bahwa program Relawan Pajak sangat memberikan manfaat baginya. “Melalui program ini saya dan teman-teman bisa menambah relasi dan meningkatkan skill komunikasi dengan wajib pajak.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi saya untuk memasuki dunia kerja nantinya. Setelah menjadi Relawan Pajak, saya juga makin paham bagaimana cara pelaporan SPT Tahunan. Terima kasih Kanwil DJP Sumut I atas kesempatannya,” pungkas Reva. (r/red)