Ditengah Kemeriahan Malam Takbiran, Ada Petugas Kebersihan yang Selalu Siaga Membersihkan Sampah

23

MEDAN ketikberita.com | Ribuan masyarakat tumpah ruah dijalanan untuk menikmati kemeriahan malam takbiran menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1445H. Namun dibalik kemeriahan malam takbiran, ada sejumlah petugas kebersihan yang selalu siaga dengan sapu lidi dan tong sampahnya untuk membersihkan sampah-sampah dijalanan.

Seperti yang terlihat di lapangan bola Mabar, jalan Mangaan VI, Kecamatan Medan Deli, tempat berlangsungnya acara malam takbiran dan pawai kendaraan hias yang diselenggarakan oleh Pemko Medan. sejumlah petugas kebersihan dari Kecamatan Medan Deli melakukan pembersihan sampah yang ada di lokasi acara guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan merayakan malam takbiran sekaligus menyaksikan pawai kendaraan hias.

Salah seorang petugas kebersihan, Kasihani mengungkapkan dirinya bertugas dilokasi tersebut mulai pukul 19.00 wib s/d 22.00 wib.

“Selama bertugas semua sampah yang berserakan kami bersihkan, dikumpulkan menjadi satu tempat lalu dibuang,”kata Kasihani saat ditemui,selasa (9/4) malam.

Meski harus bertugas di malam takbiran, namun Kasihani mengaku tetap semangat dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan kebersihan kepada masyarakat.

“Ini sudah menjadi tugas saya, harus saya kerjakan dengan penuh tanggung jawab. Jadi harus tetap semangat,”ungkapnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Camat Medan Deli, Indra Utama mengungkapkan selama hari libur Idul Fitri ini, dirinya telah menugaskan petugas kebersihan yang ada diwilayahnya untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan kebersihan kepada masyarakat. Hal ini guna mengantisipasinya terjadinya penumpukan sampah selama libur lebaran.

“Diruas-ruas jalan protokol tetap kami utamakan dilakukan penyisiran sampah, karena kami mengantisipasi adanya peningkatan volume sampah selama libur lebaran, jadi petugas kita wajib melakukan pembersihan setiap harinya,”jelas Indra Utama.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap petugas kebersihan, Indra Utama memberikan reward kepada setiap petugas kebersihan yang bertugas dihari libur berupa bonus di luar gaji.

“Petugas kami yang bekerja dihari libur kami berikan bayaran langsung atau biasa kami sebut “kontanan”. Ini merupakan bonus diluar gaji yang mereka terima setiap bulanya,”sebut Indra Utama. (red)