Disdikbud Aceh Singkil Terima 30 Kuota Untuk Beasiswa Afirmasi

436

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Disdikbud Kabupaten Aceh Singkil menerima kuota sebanyak tiga puluh kouta beasiswa untuk Afirmasi Pendidikan Menengah (Adam) tahun 2022 ini.

Ini merupakan program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bagi daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) untuk tahun 2022 se Provinsi Aceh, yang menerima program ini hanya Aceh Singkil.

“Program ini sudah berjalan hampir 4 tahun sejak tahun 2019 dan sejauh ini melalui program tersebut sudah mengirimkan siswa sebanyak  99 peserta. Kecuali tahun 2020 itu kosong, karena COVID-19
penerima beasiswa ini nanti akan dikirim ke sekolah yang ada di Banda Aceh pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejurusan (SMK).

“Salah satu syarat yang bisa mendapatkan program ini adalah Siswa/i yang berprestasi dengan kriteria dari keluarga kurang mampu,”ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, Khalilullah, Jum’at (25/2/2022).

Saat ini, kata dia, program beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah yang diperuntukkan bagi daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) ini sudah disampaikan kepada masing-masing Kepala Sekolah untuk disosialisasikan.

“Siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, berprestasi dalam arti mampu melanjutkannya pendidikan dan berkeinginan melanjutkan pendidikan. Saya minta diseleksi lima besar di sekolahnya, misalnya lima besar ada tiga besar itu dari keluarga mampu, Ucap Khalilullah. (R84)