Dinkes Sumut Gelar Promosi Kesehatan di Kabupaten Palas

149

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangka implementasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di lingkungan kerja Kabupaten Padang Lawas. Rombongan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hadir dan bekerjasama dengan tim Dinkes Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar Promosi Kesehatan di tatanan Gerakan masyarakat sehat di tingkat Kabupaten / kota Lokus Germas.

Demikianlah disampaikan oleh Plt. Kadis Dinas kesehatan daerah Kabupaten Palas dr. Ummi Sahara Matondang di lapangan SKPD Terpadu pada pelaksanaan Promosi kesehatan Lokus Germas Jumat, (08/10/2021).

Dalam kegiatan ini Sekda Palas Arpan Nst S.Sos yang langsung membuka kegiatan tersebut.
Dalam arahannya sekda Palas Arpan Nst mengatakan, Germas merupakan suatu tindakan sistimatis dan terencana yang dilakukan secara bersama- sama oleh seluruh komponen dengan kesadaran,kemauan dan kemampuan berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tambah Sekda Palas, Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri kita yang tercinta ini,oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Lanjut Sekda Palas Arpan Nst, bahwa di wilayah kerja Kabupaten Palas sudah melaksanakan 5 tatanan Germas seperti :

1.Aktifitas fisik dengan melaksanakan senam di setiap hari jumat antara OPD .
2.Di kesehatan lingkungan dengan pelaksanaan desa ODF yang sudah berjumlah 37 desa dari 303 desa se – Kabupaten Palas.
3. Konsumsi makanan buah dan sayur setiap pertemuan sebagai pendamping snack.
4. Deteksi dini penyakit sudah dilaksankan di setiap wilayah kerja puskesmas.
5. Edukasi perilaku hidup sehat dengan selalu menyampaikan peraturan Bupati Kabupaten

Palas no. 31 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Menurut pantauan awak media di lapangan rombongan Dinkes Sumut yang hadir dalam acara tersebut antara lain Tika aminah SKM MPH, Deliana sari Siregar SKm Mkes dan Mega karyati SKM Mkes. (Rh)