Dinas Lingkungan Hidup Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah Agar Menjadi Kota Adipura 2023

67

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Dinas Lingkungan Hidup Aceh Singkil Gelar Sosialisasi Pengelolaan sampah dalam rangka Aceh Singkil menuju Kota Adipura 2023 di Aula Gedung Seni Budaya Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil. Kamis (15/9/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Singkil, Drs. Azmi, M. AP Dalam pembukaan acara dalam sambutannya menyampaikan Kebiasaan kita dari dulu sampai sekarang membuang sampah tidak pada tempatnya, mulai sekarang mari kita tanamkan mulai dari diri kita sendiri keluarga dan masyarakat dimanapun berada kita tanamkan kepada mereka betapa pentingnya menjaga kebersihan. Dalam agama juga kitab diperintahkan menjaga kebersihan.

Apabila lingkungan tidak bersih rentan akan terkena penyakit. tujuan acara ini dibuat agar bapak dan ibu bisa mengelola sampah menjadi barang yang berguna dan bisa diciptakan menjadi barang yang bernilai ekonomis. Ucapnya

Armawati Chaniago Pemateri dari Kota Medan Direktur Rumah Kompos dan Bank sampah induk Sicanang dari Kota Medan, dalam materinya menyampaikan Apabila Sampah tidak dikelola dengan benar maka bumi kita ini akan penuh dengan Sampah.

Aceh Singkil polulasi sampah tidak terlalu banyak masih 50 persen. Kalau diolah akan jadi berkah tapi kalau Sampah tidak diolah akan jadi masalah. Semakin banyak Sampah yang kita kelola akan semakin banyak keuntungan yang kita peroleh. Untuk diketahui Tugas bank sampah bertugas membina pengeloaan sampah dan menstabilkan harga. Tuturnya

Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 18 tahun 2008 dikatakan Apabila Pimpinan Daerah, mulai dari wilayah Provinsi sampai wilayah Desa tidak menerapkan kebersihan di daersh yang dia pimpin akan terancam pidana.

Narasumber juga mengatakan saat melihat Kota Aceh Singkil masih adanya semak belukar terlihat di jalan lintas Kota Singkil. Kita harapkan Aceh Singkil ke depan menjadi kota terbersih dan mendapatkan penghargaan Adipura. dan kita juga menyarankan membuat program yang berkaitan dengan lingkungan.

Disamping itu juga, Camat Singkil Khairuddin saat acara berlangsung berharap penuh kepada instansi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Singkil untuk bisa melaksanakan program kebersihan. Agar bisa menjadi promotor untuk program kebersihan mohon kami di beri arahan dan penyuluhan tentang menciptakan lingkungan bersih dan indah.

Kemudian, Drainase di Kecamatan Singkil belum tertata dengan rapi terutama dilokasi Perumahan BRR di Desa Pulo Sarok. agar salurannya tertata dengan rapi. makan dari itu Perlu adanya sentuhan dan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan arahan dalam menciptakan lingkungan indah dan bersih. (R84)