Digelar Secara Daring, Kodam IX/Udayana Ikuti Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting

63

DENPASAR (Bali) ketikberita.com | Bertempat di Ruang Puskodalopsdam IX/Udayana, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., bersama Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto dan para Asisten Kasdam IX/Udayana serta Ibu-ibu Dahrma Pertiwi Daerah J menghadiri kegiatan kick off secara daring tentang kolaborasi percepatan penurunan stunting dengan tema “Kolaborasi Demi Anak Negeri untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju”, pada Senin (8/8/2022).

Kegiatan Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kepala BKKBN Pusat, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dengan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Hetty Andika Perkasa. Selain itu juga dilaksanakan peluncuran buku “Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil Untuk Generasi Emas Indonesia” oleh Ibu Prof Dr. (H.C.) Hj Megawati Soekarno Putri.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN mengatakan bahwa upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap stunting, BKKBN berkolaborasi dengan berbagai sektor termasuk kepada jajaran TNI, Polri dan sektor swasta serta sektor lainnya.

“Dalam hal ini peran TNI, Polri dan tokoh masyarakat sangat sentral di tengah masyarakat. Sehingga BKKBN berkolaborasi dengan jajaran TNI, Polri dan juga Ibu-ibu dari TNI-Polri. Tentunya ini sangat strategis dalam rangka penurunan stunting,” ungkap Kepala BKKBN.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan bahwa sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 khususnya tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2024 TNI juga diberikan tugas tersebut.

Selanjutnya, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa Ibu Megawati Soekarno Putri pernah menjabat sebagai Presiden RI, sehingga beliau pasti lebih memahami tentang kondisi bangsa dibandingkan dengan kita semua.

“Pada saat menjabat Presiden RI, beliau juga menangani percepatan penurunan stunting yang saat ini kita lakukan bersama-sama. Selain itu juga melaksanakan penghapusan kemiskinan rakyat,” tambah Panglima TNI.

Oleh karenanya, TNI menyiapkan seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama di seluruh Indonesia dan akan memberikan pendampingan serta akan melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dalam mendukung kegiatan penurunan stunting.

“Sekali lagi, kami siap mendukung dan akan berkoordinasi instansi terkait serta memintakan versi elektronik book supaya dalam sharing ke seluruh satuan bawah termasuk ke warga masyarakat di sekitar untuk dishare melalui WhatsApp atau media sosial lainnya,” tegas Panglima TNI.

Selanjutnya Ibu Prof Dr (HC) Hj Megawati Soekarno Putri dalam sambutannya, menyampaikan acara ini dilaksanakan dalam rangka untuk memajukan Indonesia pada tahun 2024 sesuai dengan program yang telah direncanakan oleh Bapak Presiden RI dan diharapkan program sosialisasi serta pencegahan penyakit stunting terhadap anak dibawah usia 2 tahun dapat terlaksana dengan lancar.

“Saya berharap kepada ibu-ibu khususnya, harus bisa berinovasi dalam mengolah masakan dengan selalu memperhatikan gizinya. Jangan sampai karena kelalaian sebagai ibu, anak yang merupakan generasi penerus bisa terkena stunting,” pungkas Ibu Mega. (Ar/Udy)