Di Mata Bima Arya, Aktivitas Ekonomi Medan Luar Biasa Di Bawah Kepemimpinan Bobby Nasution

32

MEDAN ketikberita.com | Unik, kuliner dan keras menjadi tiga kata yang menggambarkan Kota Medan di mata Wali Kota Bogor sekaligus Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Pusat Bima Arya. Dikatakan unik karena banyak yang khas dari Kota Medan, sedangkan keras lantaran kehidupan di ibukota Provinsi Sumatera Utara sangat luar biasa sehingga harus kuat untuk menghadapi persaingan positif.

“Nah, kalau kulinernya karena Medan sebagai The Kitchen Of Asia. Semua (kuliner) ada di sini. Bahkan dari tadi saya gak berhenti makan,” kata Bima Arya sambil tertawa kecil saat ditemui di Si Bolang Durian, Jalan Iskandar Muda Medan, Rabu (29/6) malam.

Melihat Kota Medan saat ini, Bima Arya mengakui mengalami aktivitas ekonomi yang luar biasa. Hal itu ungkapnya tidak terlepas dari inovasi-inovasi yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam kepemimpinannya.

“Ramai (Kota Medan) banget ya sekarang. Saya lihat, aktifitas ekonominya luar biasa. Tapi, memang saya melihat Wali Kota Medan Pak Bobby ini walaupun belum lama menjabat tapi udah banyak inovasinya. Saya juga ngobrol dengan banyak warga dan anak-anak muda, ya bercerita, betapa Pak Bobby sekarang buat banyak terobosan untuk menata kota,” ungkapnya.

Sosok yang menjabat dua periode sebagai Wali Kota Bogor tersebut mengaku rindu dengan Kota Medan. Apalagi, dirinya ternyata sempat mengenyam pendidikan tingkat menengah selama satu tahun di SMP Negeri 1 Medan. “Ya. Itu tahun 1986, setelah itu saya pindah ke Bogor. Lama sekali nggak ke Medan. Pernah sekali ke Medan Tahun 2010, mungkin ya. Artinya, udah 12 tahun yang lalu. Nah, sekarang baru ke Medan, lama sekali gak ke sini, jadi kangen,” tuturnya.

Di bawah kepemimpinan Bobby Nasution, Bima Arya berharap anak-anak muda bisa terlibat dalam perubahan Kota Medan. Selain itu, mensinergikan Kota Medan dengan kota-kota lain yang juga melibatkan anak-anak muda dari kota lain juga. “Dengan semangat kolaborasi yang diusung, pastinya bukan hanya dengan antar pemerintah tapi dengan warga terutama anak-anak muda yang kreatif,” harapnya.

Terakhir, Bima menuturkan, bahwa kedatangannya ke Kota Medan untuk menghadiri pertemuan APEKSI sekaligus melantik Bobby Nasution sebagai Ketua Komwil I APEKSI. “Banyak gagasan-gagasan penting untuk kemajuan Kota Medan yang disuarakan lewat masing-masing Komwil. Dengan kepemimpinan Pak Wali ini mudah-mudahan bisa menyumbang banyak gagasan untuk pembangunan kegiatan-kegiatan yang bisa dikoordinasikan antara kementerian, provinsi dan kota-kota di Komwil 1,” pungkasnya. (er)