Di Duga Banyak Minus, Drainase Babakan Gelam PR Untuk PUPR Kota Serang

121

SERANG (Banten) ketikberita.com | Pemerintah Kota Serang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ,proyek pembangunan peningkatan saluran drainase di lingkungan Babakan Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok Kota Serang Banten dalam pelaksanaannya minim pengawasan dan di duga keluar dari spesifikasi.

Pasalnya saat awak media monitoring kelokasi kegiatan,tidak ada pelaksana atau pun konsultan dari pekerjaan tersebut,hanya ada para pekerja / petukang yang kami temui di lokasi.Harapan untuk mendapatkan penjelasan secara teknis tidak kami dapatkan, Kamis (02/12/2021).

Pada Papan Informasi Pekerjaan (PIP) atau papan proyek, tidak mencatumkan volume pekerjaan,masyarakat sebagai pembayar pajak dan penerima manfaat tidak mendapatkan informasi utuh,berapa tinggi,lebar dan panjang drainase.

Menurut keterangan pekerja, yang ditemui di lokasi pekerjaan menjelaskan seperti ini, “Drainase memiliki lebar atas 30 centi dan lebar bawah 40 centi dengan tinggi 75 centi,untuk panjang keseluruhan sekitar 200 meter”.

Hasil pantauan awak media, menemukan di beberapa titik untuk ketinggian drainase minus 10 centi, dan susunan batu pada bagian atas drainase sudah ada yang lepas,kemudian pada salah satu sisi tampak lebar dikurangi, dengan cara tumpukkan batu menempel di tebing tanah, hanya pada bagian atas / penutup lebarnya normal kembali.

Pekerjaan peningkatan saluran drainase di lingkungan Babakan Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok dengan kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem drainase bersumber dari dana BANPROP Kota Kerang tahun 2021 dengan nilai pekerjaan RP 183.727.000.00,.Waktu pelaksanaan :45 (hari) kalender dan pelaksananya CV. M2 Banten. (tis/hin)