Dewan, Pengelolaan Sampah Perlu Kerjasama Pemerintah dengan Masyarakat

136

MEDAN ketikberita.com | Anggota DPRD Medan Edi Syaputra ST mengatakan, permasalahan sampah tidak boleh lagi dianggap ringan. Apalagi masyarakat di kalangan rumah tangga sejak lahir hingga dewasa merupakan bagian pencipta sampah terbesar. K arena itu, diperlukan kerjasama pemerintah dengan masyarakat.

Pemerintah daerah, katanya, menjamin pengelolaan sampah yang baik berwawasan lingkungan tidak merugikan agar tetap sehat, memperoleh informasi soal pengangkutan sampah tepat waktu dan mendapat perlindungan dari dampak negatif sampah, karenanya perlu meningkatkan kesadaran masyarakat tidak sembarangan membuang sampah dan pemrintah benar-benar bertangungjawab.

Dengan demimikian masyarakat di Medan ini merasakan kecamayaman dan keindahan. Karena sesuai pasal 37 peraturan yang kita sosialisasikan ini bagaimiana masyarakat menyampaikan keluhannya bisa direspon,”tegas Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Kota Medan, Medan Kota, Medan Denai dan Medan Area ini menjawab wartawan terkait masih belum tertatanya sampah dengan baik di kota Medan, Senin (25/10/2021).

Edi Saputra mengaku , masih banyak dari masyarakat yang membuang sampah rumah tangga mereka di sembarang tempat. Sementara sampah masyarakat itu dikutip sering terlambat yakni baru dilakukan dalam jangka waktu seminggu sekali ke TPA.

Disampaikannya, tanggung jawab pengelolaan sampah sesungguhnya tanggung jawab bersama antara Pemerintah dengan masyarakat, diharapkan muncul kesadaran bersama yang dimulai dari rumah masing-masing. Sementara Pemerintah diharapkan terus membenahi dan mengevaluasi apa yang sudah dan belum dilakukannya terhadap sampah di kota Medan ini. (er)