Dengan Dukungan dan Bimbingan Bobby Nasution, Tanjung Mulia Hilir Terpilih Jadi Kelurahan Terbaik di Sumatra Utara

44

MEDAN ketikberita.com | Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli Kota Medan menjadi Juara I Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Sumatra Utara. Prestasi membanggakan ini diumumkan dalam rangkaian Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus 2022 Provinsi Sumatra Utara di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar, Rabu (17/8) petang. Wagubsu H. Musa Rajekshah yang bertindak sebagai Inspektur Upacara juga menyerahkan hadiah atas prestasi membanggakan itu kepada Lurah Tanjung Mulia Hilir, Hendra Syahputra.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Wali Kota Medan, Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution beserta jajaran di Pemko yang selama ini mendukung, memberikan arahan dan bimbingan, terhadap Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli untuk bisa meraih prestasi terbaik dalam penilaian kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatra Utara,” ungkap Lurah Tanjung Mulia Hilir, Hendra Syahputra saat ditemui di Lapangan Astaka.

Prestasi ini diraih Kelurahan Tanjung Mulia Hilir karena melakukan inovasi-inovasi terkait program prioritas Wali Kota Medan. Kelurahan Tanjung Mulia Hilir juga dinilai baik dalam penanganan banjir. Salah satu yang menarik perhatian tim penilaian adalah pembuatan tanggul banjir dan penahan sampah di masing-masing lingkungan.

Di bidang ekonomi, sebutnya, pihaknya berupaya meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan membentuk kelompok usaha bersama dan koperasi. “Kita sudah membentuk Koperasi Tajir Deli yang sudah beroperasi selama tiga tahun,” ujar Hendra didampingi Ketua TP PKK Tanjung Mulia Hilir Veti Muslimah Fadilah dan Ketua LPM Tanjung Mulia Hilir, Nur Tuah Tanjung.

Hendra menambahkan, penanggulangan stunting untuk menjadi fokus Kelurahan Tanjung Mulia Hilir. Berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan angka prevalensi stunting, di antaranya dengan mendirikan Pondok Gizi Stunting.

“Tanjung Mulia Hilir merupakan kelurahan pertama yang mempunyai Pondok Gizi Stunting. Selain itu, kami juga sudah ada Goas atau Gerakan Orang Tua Asuh untuk anak-anak stunting,” ujarnya.

Terkait pengaduan pelayanan masyarakat, Hendra mengatakan, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir mempunyai program Link Adat atau Link Aduan Masyarakat.

“Masyarakat bisa menyampaikan pengaduannya melalui ponsel dan notifikasi pengaduan itu juga sampai ke Lurah. Dengan demikian, penanganan pengaduan tersebut bisa langsung diawasi secara maksimal,” sebutnya.

Dia berharap, prestasi ini semakin memacu semangat Kelurahan Tanjung Mulia Hilir untuk berbuat lebih baik lagi dan membuat inovasi-inovasi baru untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Hendra mengatakan Setelah menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir akan kembali berlaga di tingkat regional. “Setelah ini akan Kelurahan Tanjung Mulia Hilir akan mengikuti perlombaan antar provinsi di tingkat regional. Kami memohon dukungan segenap jajaran Pemko Medan serta doa restu masyarakat Medan agar dapat kami dapat berbuat lebih baik dan menjadi juara di tingkat regional,” harapnya. (er)