Deliserdang Punya Tempat Wisata, Siap Memanjakan Peserta dan Tamu HPN Di Sumut

224

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Kabupaten Deliserdang menjadi satu dari tiga klaster tempat berlangsungnya perhelatan ajang Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang akan digelar 5 Febuari-12 Febuari.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang turut andil mendukung suksesnya dengan menawarkan berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi peserta dan tamu undangan HPN tersebut.

Hal itu diungkapkan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan melalui Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadis Budporapar) Deliserdang H. Khoirum Rijal, ST,M. AP, saat koordinasi dengan Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang SE dan Sekretaris PWI Deliserdang Edward Limbong S.Sos.I, Jumat (20/1) diruang kerjanya.

“Kabupaten Deliserdang siap memanjakan peserta dan tamu undangan HPN 2023 dengan menawarkan beraneka ragam keindahan alam mulai dari pegunungan, persawahan, sungai, pesisir pantai hingga kulinernya ada disini,” kata Khoirum.

Khoirum pun menjelaskan, ragam tempat wisata tersebut yakni diantaranya Desa Wisata Denai Lama di Kecamatan Pantai Labu, kawasan wisata Bagan Percut yang merupakan wisata bahari yang terletak di Desa Percut, Kecamatan Sei Tuan, Kampung Wisata Sawah Pematang Johar, letak tempat tersebut berada di Dusun VI Rawa Badak, Kecamatan Labuhan Deli.

Kemudian ada, Arum Jeram Sungai Buaya Bangun Purba terdapat di Kecamatan Bangun Purba lokasi yang dapat ditempuh 2,5 jam dari Kota Medan atau 30 Menit dari Kota Lubukpakam. Selanjutnya, pemandian air panas penen di Desa Panen Kecamatan Biru-biru, Danau Linting di Desa Sibunga-bunga, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu dan Pemandian Alam Sembahe di Desa Simbahe Kecamatan Sibolangit.

Sementara untuk wisata rohani yakni, ada Masjid Raya Sultan Basyaruddin atau dengan sebutan Masjid Raya Rantau Panjang terletak di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah Kabupaten Deliserdang yang merupakan Masjid yang secara keseluruhan mengunakan dekorasi melayu Islami yang memiliki simbiosis kuba berbentuk bumi dan bangunan secara keseluruhan berlafadz Allah ini terletak di Kompleks Kantor Bupati, Desa Tanjung Garbus, Kecamatan Lubukpakam dan ada wisata rohani Gereja Buluh Anwar yang berada di Desa Buluh Anwar salah satu desa di Kecamatan Sibolangit. Gereja ini diperkirakan Gereja pertama kali dibangun di wilayah Sumatera Utara yang kini sudah menjadi museum.

Khoirum juga dalam kesempatannya mengatakan, Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA), yang keberadaanya di Kabupaten Deliserdang, menjadi salah satu pintu gerbang untuk memasuk Sumut, juga memiliki berbagai hotel yang dekat dengan tempat pucak acara di lokasi Gedung Serbaguna Astaka, Jalan Pancing, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang yang direncanakan dihadiri Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi hotel di wilayah Deliserdang juga sangat representatif untuk ditempati diseputaran Bandara kualanamu dan lokasi berlangsungnya pusat HPN berada di Percut Seituan wilayah Kabupaten Deliserdang,” ujar Khoirum.

Sementara itu Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang mengungkapkan komitmen PWI Deliserdang untuk menyukseskan HPN di Sumut, sekaligus momentum HPN ini dijadikan ajang promosi wisata serta produk unggulan di Kabupaten Deliserdang.

“PWI Deliserdang akan memperkenalkan destinasi wisata dan prodak unggulan Kabupaten Deliserdang kepada peserta dan tamu yang hadir saat penyambutan di Bandara Kualanamu. Semoga HPN di Sumut 2023 menjadi ajang peningkatan mutu wartawan khususnya di Kabupaten Deliserdang,” ungkap Lisbon.

Teks Foto: Kadis Budporapar Deliserdang H. Khoirum Rijal saat menyerahkan buku tempat wisata kepada Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang didampingi Seketaris PWI Deliserdang Edward Limbong. (red)