Dekranasda Kota Langsa Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Pandan

140

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kota Langsa menggelar pelatihan Kerajinan Anyaman Tikar Pandan bagi Pengrajin Gampong Cinta Raja di Kantor Dekranasda Kota Langsa, Sabtu (24 /7/2021).

Kegiatan Pelatihan Anyaman Tikar Pandan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Langsa Mahlil, SH.

Turut hadir saat pembukaan pelatihan tersebut, kabag Ekonomi Setda Kota Langsa, T. Raja Angkasah, SH, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Langsa, Muzammil, S,STP, MSP, Sekretaris Disperindagkop dan UKM, Syamsul Bahri, SE, Kabid pengembangan produk, Boby Edwin, ST, Geuchik Gampong Cinta Raja, Syarifuddin, serta para pengurus Dekranasda Kota Langsa.

Dalam sambutannya, Kadisperindagkop dan UKM Kota Langsa Mahlil, SH sebagai Ketua Harian Dekranasda Kota Langsa, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 24 sampai dengan 25 Juli 2021.

“Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada hari ini, Sabtu sampai dengan besok, hari minggu, dan diikuti oleh 30 orang peserta,”imbuh Mahlil.

Mahlil juga menambahkan, pelatihan ini hendaknya memberikan manfaat bagi pengembangan kreasi para pengrajin.

“Melalui kegiatan pelatihan ini juga kami sangat berharap berguna para pengrajin Anyaman tikar Pandan dalam mengembangkan kreasi para pengrajin sehingga menghasilkan produk yang berkualitas pula, apalagi pembinaan ini dilatih oleh pelatih yang profesional.

“Pelatihan ini juga untuk membina kelompok pengrajin di gampong Cinta Raja yang telah ditetapkan sebagai Gampong Pengrajin di Kota Langsa dan akan mengikuti perlombaan Kerajinan di tingkat Propinsi Aceh, yang rencananya dijadwalkan pada (28/7/2021) mendatang.”

Sementara itu, Geuchik Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Syarifuddin menyebutkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Dekranasda Kota Langsa.

“Saya atas nama Masyarakat Gampong Cinta Raja menyampaikan rasa syukur karena terpilih sebagai Gampong Kerajinan di Kota Langsa, apalagi akan mewakili Kota Langsa dalam perlombaan di tingkat Propinsi nantinya.

Dan kami juga menyampaikan Terima kasih kepada Dekranasda Kota Langsa yang telah membina kelompok pengrajin anyaman tikar Pandan di Gampong Cinta Raja, semoga memberikan manfaat bagi kita semuanya,”tutup Syarifuddin. (AA)