Darma Wijaya Si Anak Kampung Tapi Bukan Kampungan yang Suka Makan Pecal dan Ikan Sombam

80

SERGAI (Sumut) ketik berita.com | Kuliner di Sergai sungguh luar biasa, beranekaragam dengan rempah khas Indonesia dan makanan paporit saya ini, lontong pecal dan ikan sombam (bakar).

Demikian disampaikan Calon Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya kepada media ini,saat menyantap lontong pecal sebagai hidangan makan siang di warung nek Juminah (75) Dusun VIII Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Jum’at (16/10/2020).

Lanjut Darma Wijaya mengatakan bahwa kuliner Serdang Bedagai, seperti ikan sombam bedagai, mie sop, olahan ikan tawar atau ikan sawah, dan masih banyak lagi masakan yang memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para wisatawan berkunjung di Tanah Bertuah Negeri Beradat, “Jangan kita anggap kecil peran serta kuliner dalam menda tangkan wisatawan berkunjung, bahkan dapat memikat para Investor datang ke Sergai”

Berkenaan dengan ekonomi kerak yatan yang saat ini mulai redup, dampak dari hadirnya Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi, membuat para penggiat UMKM termasuk kuliner mulai merasakan penurunan yang cukup besar dari peng hasilan yang didapatkannya “Sebenarnya pemanfaatan situasi yang tepat sasaran, apalagi dimasa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) , merupakan cara untuk dapat mendu dukan ekonomi kerakyatan pada posisi kesejahteraan”.

Darma Wijaya menegaskan bahwa dalam kondisi seperti ini, perlu adanya inovasi baru dalam pemanfaatan dari hadirnya Jalan Tol Medan-Tebingtinggi di Kabupaten Serdang Bedagai, agar para penggiat UMKM termasuk kuliner dapat merasakan dampak positif dari hadirnya pembangunan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kedepannya saya ingin menata kembali UMKM termasuk kuliner yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, agar masyarakat Serdang Bedagai mendapat kan kesejahteraan secara mandiri. Dengan hadirnya Jalan Tol Medan-Tebingtinggi, kita harus menempatkan para penggiat UMKM termasuk kuliner pada posisi yang tepat seperti pada rest area dan tempat tempat lain yang cukup strategis ”

Dalam kesempatan itu, H Darma Wijaya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam menghidupkan kembali UMKM termasuk kuliner yang terlihat redup di Kabupaten Serdang Bedagai, “Ayo kita cintai produk-produk asli daerah Serdang Bedagai, kita harus bangga menggunakan dan menikmati hasil dari putra daerah Sergai”.

Kepada media ini, Nek Juminah (75) pemilik warung lontong pecal jalan Medan – Tebing Tinggi Dusun VIII Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah mengatakan bahwa kedatangan H Darma Wijaya di warung yang tepat berdiri di depan RSUD Sultan Sulaiman tidak menjadi pemandangan yang asing.

Juminah menyebutkan bahwa H Darma Wijaya sering sekali datang, untuk makan di warung yang dimilikinya, sebab Juminah mengetahui bahwa makanan kesukaan dari seorang H Darma Wijaya adalah lontong pecal.

“Darma Wijaya sangat sering datang, bersama teman, sahabat serta anggota nya untuk makan di warung saya. Jika hadir disini Darma Wijaya tidak terlihat seperti seorang pejabat, melainkan seperti masyarakat biasa, pakaiannya pun sederhana, pembicaraan sederhana bahkan menyapa kami dengan nada dan ungkapan yang sederhana khas anak kampung”, ungkapnya. (AfGans)