Danrem 011/LW Tinjau Hasil Binter Produktif Kodim 0104/Atim

21

LANGSA(Aceh) Ketikberita.com | Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro meninjau langsung program Binter Produktif Kodim 0104/Aceh Timur tepatnya dilokasi budidaya Udang Vaname dan Pupuk Egois Plus yang dikembangkan oleh Babinsa jajaran Kodim 0104/Atim, Kamis (14/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Inf Sumirating Baskoro didampingi oleh Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) melihat langsung budidaya udang Vaname dan Pupuk Egois Plus yang dikembangkan dalam sistem bioflok yang berada di Makodim 0104/Atim dan Koramil 11/Birem Bayeun.

Danrem 011/Lilawangsa bersama rombongan melakukan peninjauan itu usai melaksanakan dialog dengan masyarakat dalam rangka kegiatan serbuan teritorial Kodim 0104/Atim, di halaman Makoramil 11/Brb tersebut. Dialog itu diikuti oleh unsur Muspika Birem Bayeun, PPL Kecamatan Birem Bayeun dan masyarakat.

Dikatakan Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, mengutarakan pihaknya memang harus produktif guna mendorong perekonomian di desa (gampong) dengan cara memberdayakan seperti perikanan maupun pertanian untuk mendukung produktifitas perekonomian masyarakat.

Kegiatan ini juga dalam rangka melaksanakan binter fungsi utama dan serbuan teritorial. Namun, dimaksud serbuan teritorial adalah melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan berbagai program-program yang langsung dapat dirasakan masyarakat. Untuk itu, dalam program tersebut jajaran Kodim 0104/Atim juga harus bisa merangkul pemerintah daerah agar terwujudnya kebersamaan yang semakin dapat tersentuh bagi warga binaan.

“Ini bagian dari pembinaan teritorial untuk menstimulasi generasi pemuda atau kelompok tani yang ada di desa, agar memanfaatkan lahan kosong dengan salah satu contohnya seperti budidaya udang atau ikan dan pertanian yang dipandu oleh jajaran Kodim tersebut. Saat ini kita sedang mengedukasikan petani atau masyarakat, dan diharapkan bisa berlanjut ke depan untuk menambah perekonomian masyarakat,”jelasnya.

Lanjut Danrem, itu sesuai dengan program Lilawangsa produktif untuk memberdayakan pemuda-pemuda yang ada di desa, tentunya dengan tujuan mendapatkan penghasilan yang cukup (memadai).

Lebih tepatnya bertujuan untuk menekan penyalah gunaan narkoba di kalangan pemuda. Maka diharapkan ke depan bisa berhasil dalam mengembangkan budidaya udang atau ikan dan pupuk berbahan dasar organik tersebut.

Menurutnya, untuk budidaya udang Vaname dibawah pembinaan Kodim 0104/Atim itu berjumlah dua unit dan masing-masing unitnya ada 30 ribu bibit udang. Ini merupakan baru perdana dilakukan dengan harapan bisa berhasil, dimana dua unit Bioflok Udang Vaname ini bantuan dari Pemko Langsa melalui Dinas Perikanan.

“Saya juga melihat keberhasilan budidaya ikan lkan lele dengan sistem Bioflok yang sudah dilakukan Kodim Aceh Timur. Kodim Aceh Timur juga membantu membuatkan Bioflok di beberapa Dayah di wilayah Kita Langsa dan Aceh Timur, bahkan ada juga yang meminta kepada Kodim Aceh Timur untuk membuatkan (budidaya) lagi dengan biaya dari mereka (salah satu dayah).

Maka ini pertanda berhasil dan bermanfaat, sehingga mereka meminta bantu untuk dibuatkan budidaya ikan dengan sistem Bioflok seperti itu, sebut Danrem kepada awak media. (AA)