Dandim dan Ketua Persit KCK Cabang XXI Dim 0104 Atim: Selamat Memperingati Isra Mi’raj 1443 H

138

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | 27 Rajab 1443 H/2022 M bisa menjadi pengisi perayaan malam besar Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW). Isra Mi’raj merupakan peristiwa penting bagi umat Islam.

Pada malam ini, Rasullulah mendapatkan Wahyu dari Allah SWT untuk menjalankan shalat lima waktu, kata Dandim 0104/Atim Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P, M.I.Pol saat dikonfirmasi awak media dikantor Makodim setempat, Senin (28/2/2022).

Isra Mi’raj dirayakan tiap 27 Rajab yang merupakan bulan ketujuh dalam kalender Islam. Isra Mi’raj menjadi perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, lalu naik ke surga untuk mendapatkan perintah salat lima waktu. Pentingnya peristiwa ini, membuat Isra Mi’raj menjadi peristiwa yang begitu dimuliakan bagi umat muslim.

Saat Isra Mi’raj tiba, umat Islam bersuka cita dengan berkumpul bersama, mengadakan pengajian, tadarus, hingga bersedekah, ujar Dandim.

Dandim menjelaskan, Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Perjalanan malam ini berlangsung pada 27 Rajab taun 621 M atau tahun ke-10 dari kenabian beliau.

“Isra Miraj terjadi pada tahun 621 M, atau tahun 10/11 dari kenabian (Bi’tsah). Jumhur ulama menyebutkan tanggalnya adalah malam Jumat tanggal 27 Rajab,”

Peristiwa ini merupakan mukjizat besar yang hanya dapat diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Sebab, perjalanan malam ini sangat mustahil untuk dilakukan oleh manusia pada masa sekarang.

Lanjut Dandim, kata Isra menjelaskan perjalanan yang menembus ruang. Dalam artian, Rasulullah bisa menempuh jarak Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsa di Palestina dalam waktu singkat.

Di sisi lain, perjalanan Miraj adalah perjalanan dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha, tempat diterimanya perintah salat. Saat perjalanan Miraj ini, Rasulullah SAW didampingi oleh Malaikat Jibril untuk menghadap Allah SWT.

Saya selaku Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Agus Al Fauzi dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 0104/Atim Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda Ny.Nita Agus Al Fauzi serta keluarga besar Kodim 0104/Atim mengucapkan “Selamat memperingati Hari Isra Mi’raj bagi umat Muslim di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur. Semoga bisa mendapatkan kesempurnaan iman dan Islam,” tandas Dandim. (AA)