Dandim 0117/Aceh Tamiang Hadiri Kampanye P4GN Peresmian Kampung Bersinar (Bersih Narkoba)

124

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita Hadiri Kegiatan Kampanye P4GN Peresmian Kampung Bersinar (Bersih Narkoba) Kab. Aceh Tamiang Tahun 2021 oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. bertempat di Desa Dalam, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang Senin (18/10/2021).

Laporan Kepala BNNK Aceh Tamiang Drs. Agussalim Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan Inpres no 2 tahun 2020 tentang rencana aksi P4GN mulai tahun 2020 s.d 2024, Permendagri no 12 tahun 2019 tentang pasilitasi P4GN, Perjanjian kerjasama antara BNN dgn Kementerian Desa pada tahun 2018, Instruksi Gubernur Aceh no 4 tahun 2021 kepada seluruh Bupati dan Walikota tentang upaya pasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkoba serta pembentukan Desa Bersih Narkoba di Prov. Aceh.

Pengertian Desa Bersinar adalah satuan wilayah setingkat Desa yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program P4GN yang dilaksanakan secara masif.

Sambutan Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH.M.Kn Kami selaku kepala Pemerintah Daerah Kab. Aceh Tamiang mengucapan selamat datang kepada Kepala BNN Provinsi Aceh a.n. Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. semoga kehadiran bapak dapat memberikan semangat dan menguatkan silahturahmi antara Pemerintah Kab. Aceh Tamiang dengan BNN serta segenap unsur masyarakat di Bumi Muda Sedia yang kita cintai.

Tantangan berat kita di Aceh Tamiang ialah kita memiliki garis pantai yang sangat panjang dimana sumber masuknya Narkoba dari daerah tersebut, dimana daerah tersebut tidak terdapat penghuni sehingga mudah bagi mereka-mereka untuk masuk kedaerah tersebut

Sambutan oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. Ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang yang mana telah menyambut saya di Kab. Aceh Tamiang beserta unsur Forkopimda yang telah hadir.

Bicara tentang Desa Bersinar ini sebenarnya Aceh Tamiang memiliki garis pantai yang panjang dan batas darat sendiri langsung berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara dimana yang notabeninya Sumatera Utara sendiri memiliki tingkat kerawanan Narkoba nya cukup tinggi sehingga tantangan dan ancaman yamg dua tersebut menjadikan Aceh Tamiang menjadi perhatian bukan hanya BNN tetapi juga dari pihak Kepolisian.

Desa Bersinar ini sebenarnya menjadi program nasional program BNN Pusat kemudian masing-masing Provinsi berkolaborasi dengan kebijakan, termasuk dengan kondisi yang ada di wilayah tersebut, dimana desa Bersinar sendiri sudah kita bentuk di berbagai Kabupaten/Kota bahkan landasan hukumnya sesuai dengan inpres no 2 tahun 2020 bahwa Presiden RI telah memberikan perintah dan perintah tersebut untuk melaksanakan P4GN dan dipertegas lagi dengan instruksi gubernur No 4 tahun 2021 yang lebih spesifik lagi untuk membentuk desa Bersinar 10 % dari Desa yang ada di Kab. Aceh Tamiang ini.

Hadir di antaranya Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si., Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH.M.Kn., Ketua DPRK Aceh Tamiang Supriyanto, ST., Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita., Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, S.I.K., Ketua MPU Kab. Aceh Tamiang Syahrizal Darwis, MA., Kalapas kelas II B Kualasimpang diwakili oleh Kasi Adm Kamtib Moeda., Kepala BNNK Aceh Tamiang Drs. Agussalim dan Tamu undangan. (ABS)