Dandim 0104/Atim: Mari Jaga Negara Indonesia Agar Terus Berdiri Kekal dan Abadi

346

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Pancasila merupakan ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta yakni Panca dan Sila. Panca berarti lima dan Sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia, “ungkap Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol kepada awak media, saat di Makodim Kota Langsa, Selasa malam (31/5/2022).

Lanjutnya,”lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945,”jelasnya.

Menurutnya, meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Selama 77 tahun Pancasila hadir menjaga keutuhan negeri, meski digempur tantangan berbeda dari zaman ke zaman, sekarang kita ada di sini. Untuk berdiri tegak dan berdaulat.

“Maka dari itu, seperti halnya menyambut hari lahir orang-orang yang dicintai, hari lahir Pancasila juga penting untuk diperingati. Mungkin sulit untuk sepenuhnya dihayati, tapi paling tidak kita mengerti. Bahwa 1 Juni bukan sekedar seremonial hormat bendera. Lelah berdiri di tengah lapangan bisa lebih dimaknai. Beruntungnya kita punya pondasi. Entah gempuran radikalisme, fundamentalisme, dan isme lain di masa depan, rakyat dapat berlindung di bawah naungan lima sila dasar negara. Ada tempat kembali, saripati jati diri negeri,” pesannya.

“Saya berharap kepada masyarakat kota langsa dan khususnya Prajurit Kodim 0104/Atim, mari kita jaga negara Indonesia agar terus berdiri kekal dan abadi. Dan saya selaku Dandim 0104/Atim dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 0104 Atim Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda Ny. Nita Agus Al Fauzi beserta staf dan jajaran Kodim 0104/Atim mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila yang ke-77 tahun 2022,”terang Dandim. (AA)

Artikulli paraprakProgres Pembangunan Jembatan Sicanang 30 Persen, Bobby Nasution Targetkan akan Selesai Akhir Tahun 2022
Artikulli tjetërWagub Sumut Minta PFI Berpartisipasi Dorong Pariwisata