Dalam Rangka HKSN, Komppas Sergai Lakukan Penanaman Pohon Dibantaran Sungai

262

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Dalam Rangka Hari Kesetia kawanan Sosial Nasional (HKSN) Serdang Bedagai (Sergai) bertepatan tanggal 20/12/21 beberapa hari yang lalu, Komunitas Masyarakat Peduli dan Pecinta Sungai (Komppas) Sergai bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sergai dan Dinas kehutanan Provinsi Sumatera Utara Satuan Putri Karya (SPK) Pemuda Karya Nasional (PKN), dan Pemerintahan Kabupaten Sergai melaksanakan Penanaman Pohon di bantaran Sungai tepatnya di Pantai Dua Rasa Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, kamis (23/12/21) Pukul 11.00 Wib hingga selesai.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Komppas Sergai Syaifuddin SE mengatakan, sampai hari ini komppas sudah ada di enam Kecamatan. Sungai-sungai yang ada di Serdang Bedagai ini bukan hanya sungai-sungai besar tapi ada sungai-sungai kecil yang memang potensinya bisa mengarah ke potensi ekonomi yang lainnya sampai hari ini kita lihat bahwa sungai-sungai yang ada di Serdang Bedagai itu masih tidak dikelola secara maksimal.

Hari ini Komppas menginisiasi lokasi disini pertama adalah perbatasan antara Kabupaten induk dengan Kabupaten Serdang Bedagai di sini ujungnya sungai ular yg dikeñal sebagai pantai dua rasa. Jadi kalau pernah dengar pantai dua rasa mungkin ada yang baru pertama kali ke mari, ya kita rasakan dulu jalannya yang memang begitu menantang lalu air lautnya dua rasa.

Beberapa tahun yang lalu ini lebih indah hanya karena pasang barat 2 bulan yang lalu saat di Sei Rampah dan Tanjung Beringin disini Pasang Rob sepanjang pesisir pantai mengalami ombak besar pasang barat dan berdampak abrasi.

“Kepedulian terhadap sungai, peduli terhadap lingkungan di pantai dua rasa ini adalah titik nol Serdang Bedagai kalau dari sisi pesisir, alangkah indahnya di Serdang Bedagai kita jadikan pantai dua rasa ini jadi titik nol Serdang Bedagai dan akan kita sampaikan kepada Bupati selaku kepala daerah”, lanjut Syaifuddin

Selain Komppas Serdang Bedagai, hadir juga HKTI Kabupaten Serdang Bedagai yg sudah eksis di 17 Kecamatan. Sementara Itu Kepala Desa Kota Pari, mengucap kan terima kasih telah membuat kegiatan tanam pohon, Semoga upaya ini kedepan bisa menjadi sumber kebutuhan masyarakat pertanian dan antisipasi banjir.

“Kami berharap kawasan ini akan diperbaiki lagi sesuai komitmen Bupati tahun 2020 lalu menyatakan daerah Pariwisata”, lanjut kades

Kadis Lingkungan Hidup Hedi, beserta Kadis Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaaan Zulfikar, mewakili Bupati, dalam sambutannya kami dari lingkungan hidup sebenarnya sangat mensup port dan berharap kegiatan dari teman-teman kita komunitas komppas ini karena berhubung kami baru di sini, saya sangat support dan ingin sekali, supaya kita bisa berkomunikasi untuk bersama membangun Sergai, khususnya pantai dua rasa ini. kalau bisa kita bersatu jadikan macam pantai lainnya.

Masukan untuk kami akan Kami sampaikan ke Pak Bupati nanti gimana kita support ini karena saya lihat prospeknya sangat bagus

Apalagi udah ada senior kita pak Kadis pariwisata yang baru ini biar jadi desa ini akan bersaing dengan desa lain itu supaya pantai ini lebih indah lagi jalan-jalan nya nanti kita sampaikan ke PUPR.

Selanjutnya Penanaman Pohon dilakukan bersama-sama dengan bibit Pohon Mahoni 1000 batang, bibit durian dan mangga 500 batang, dari Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara, dan 200 bibit Cemara dari pengelola pantai Sri Mersing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Hedi selaku Kadis LH, Zulfikar Kadis Poraparbud, Aminuddin Camat Kecamatan Pantai Cermin, Ahmad Khoir Kades Kota Pari, seluruh komponen Pengurus Komppas Sergai, Pengurus HKTI Sergai, DPP SPK PKN, dan masyarakat dusun 11 Desa Kota Pari. (AfGans)