Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolres Sergai Sosialisasi kepada Pengusaha dan Pengelola Pantai

42

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Untuk mencegah covid 19, Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Robin Simatupang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Inmendagri no 29 Tahun 2021 dan Optimalisasi Pelaksanan PPKM Mikro Tingkat Desa Kelurahan di wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai, Kamis (5/8/2021) di Lapangan uji praktek sim Polres Sergai.

Kapolres Serdang Bedagai memaparkan daerah Wilkum Polres Serdang Bedagai yg terpapar Covid-19. Dari data grafik covid-19, tanggal 20 Juli pada saat merayakan hari idul Adha, grafik yang terpapar sangat meningkat sampai saat ini.

Bupati Serdang Bedagai saat ini telah membuat 2 cadangan tempat isolasi yaitu komplek Istana Replika Sultan Serdang dan GOR di Perbaungan.

” Pada saat ini cadangan tempat tidur dan tabung oksigen di rumah sakit di kabupaten sangat terbatas, apabila Covid-19 meningkat terus menerus, kita tidak dapat menanggulangi tempat tidur dan tabung oksigen,”tandasnya.

Sedangkan untuk Pesta boleh dilaksanakan dengan syarat 25 % yang hadir dari kapasitas tempat namun harus memperketat protokol kesehatan.

Covid-19 bukan hanya menularkan kepada Lansia, Pralansia, bahkan balita pun bisa terpapar Covid19, ini karna Orang tua melanggar Prokes. “Para Pedagang,Rumah Makan boleh buka dengan membatasi Jam Opera sional hingga pukul 20.00 Wib dan 25% kapasitas disediakan,”tandas Kapolres.

Lanjutnya, pada kegiataan keagamaan juga dibatasi 25% pada Pelaksanaanya dalam PPKM Level 3 di Kab. Serdang Bedagai.

Bapak ibu para Pengusaha bisa menso sialisasikan kepada Para Karyawannya, terkait pentingnya Protokol Kesehatan dan PPKM Level 3 di Kab.Sergai.

“Polri bersama Intansi terkait dan Pemerintah terus lakukan kegiatan Ops Yustisi, PPKM dan Vaksinasi dalam menurunkan angka penyebaran Covid19,”ujarnya.

Satgas Desa termasuk relawan dan para Pengusaha saling bahu membahu, bagaimana kita menangani Covid19 ini tidak menyebar di wilayah kita.

Kita akan lakukan pelatihan kepada Perawat dan Relawan untuk 3 T (Testing, Tracing, dan treatment) dalam penangan an Covid19. Inmendagri No. 29 Tahun 2021 dan Penerapan PPKM Mikro dapat Tersosialisasi Kepada Kepala Desa, Pelaku Usaha dan Masyarakat Umum
Para Kepala Desa, Pelaku Usaha dan Masyarakat dapat Memahami tentang Inmendagri No. 29 Tahun 2021 dan Penerapan PPKM Mikro pada Desa/ Kelurahan pada Penanganan Covid19,” tegasnya.

Sambutan Bupati Serdang Bedagai diwakili Asisten II, Kharuddin menutur kan Pandemi Covid 19 yang semakin meningkat di Indonesia membuat pemerintah pusat harus melakukan tindakan tegas, sebagai mana kita ketahui bersama bahwa tingkat penularan Covid19 masih tinggi dan perlu upaya penanganan yang lebih serius dalam kegiatan masyarakat.

Meningkatnya angka penularan Covid19 yang semakin tinggi, Presiden Republik Indonesia melalui Intruksi Menteri dalam negeri no 29 Thn. 2021 memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat level 3,level 2, dan Level 1, serta mengoptimal kan posko penangan Covid 19 di Desa.

” Kita berterima kasih kepada bapak Kapolres yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi Inmendagri no 29 Tahun 2021 dan Optimalisasi Pelaksana an PPKM Mikro Tingkat Desa Kelurahan.

Dengan mematuhi intrusksi, harapan kita serdang bedagai bisa kembali zona hijau dalam penyebaran Covid19,”tutur Kharuddin.

Kesimpulan kegaitan para Pengusaha akan mensosialisasikan kepada karyawan/masyarakat tentang Inmendagri No. 29 Tahun 2021 dan Optimalisasi Pelaksanaan PPKM Mikro Tingkat Desa/Kelurahan.

Turut hadir dalam kegiatan yaitu Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang, Bupati Sergai diwakili Asisten II, H. Kaharuddin,Kadis Perindag Pemkab Sergai, H. Karno Siregar, Kadis Kesehatan Pemkab Sergai Dr. Bulan Simanungkalit, Kadis Ketenagakerjaan, Nasrul Azis Siregar, Para PJU Polres Serdang Bedagai dan Para Pengusaha Kab. Serdang Bedagai. (AfGans)