Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Sebanyak 25 Orang WBP Lapas Tebing Tinggi Jalani Tes Urine

114

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi melaksanakan pemeriksaan tes urine terhadap 25 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dilingkungan Lapas Tebing Tinggi secara acak.

Kegiatan ini dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP) Fransisco Pandia, tepatnya Rabu (24/05/2023) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, bertempat di Gedung Aula Sasana Tama Lapas Tebing Tinggi.

Adapun kegiatan tes urine ini dilaksanakan sebagai wujud mendukung rencana aksi nasional dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 25 orang WBP diacak dan dilakukan tes urine serta dilakukan pemeriksaan. Untuk hasilnya keseluruhan WBP yang diambil sample urine nya menunjukkan hasil negatif (-).

Selanjutnya, usai melakukan pemeriksaan tes urine, Ka. KPLP Pandia menyampaikan apresiasinya kepada para WBP yang telah melaksanakan tes urine dengan hasil negatif. Beliau juga mengingatkan kepada setiap warga binaan agar menjalani masa pidana dengan tidak menyalahgunakan narkoba dan mengikuti peraturan yang berlaku, pintanya.

Pada kesempatan lain, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Anton Setiawan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai arahan dan perintah Bapak Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) untuk melaksanakan kegiatan tes urine secara berkala setiap 1 minggu sekali, katanya.

Kegiatan tersebut berlangsung aman dan lancar. Turut hadir Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Keamanan Rudy Budiman Purba dan Kepala Urusan Umum (Kaur Umum) Poltak J.O Nainggolan. (ar)