Cegah Banjir, Komisi IV Ingatkan Masyarakat Jangan Buang Sampah ke Parit

110

MEDAN ketikberita.com | Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Drs Hendra DS mengajak seluruh masyarakat Medan tingkatkan kesadaran menjaga kebersihan. Warga diminta mewadahi sampah mulai dari rumah hingga lingkungan masing masing.

Seiring itu Hendra DS mendorong Pemko Medan memberikan dan memfasilitasi sarana dan prasarana tempat dan angkutan sampah di Kota Medan. “Jika kita warga dan Pemko Medan saling mendukung soal upaya kebersihan maka lingkungan kita akan bersih,” kata Hendra, Sabtu (4/2/2021).

Disampaikan Hendra DS yang juga Ketua DPC Hanura Kota Medan itu , dengan penanganan sampah yang benar yakni membuang sampah pada tempatnya berdampak bagus untuk kesehatan. Selain itu, dengan mewadahi sampah dengan benar akan meminimalisir kondisi banjir.

“Jangan lagi ada sampah berserak yang akhirnya jatuh ke parit. Tentu mengakibatkan parit jadi tumpat sehingga aliran drainase terganggu dan mengakibatkan banjir. Kita harus sadar dengan kebersihan, budayakan kutip sampah, kebersihan itu sangat penting, ” saran Hendra DS.

Ditambahkan Hendra, terkait sarana pendukung kebersihan. Untuk Tahun 2022, DPRD bersama Pemko Medan sudah mensahkan anggaran sampah di APBD TA 2022 sebesar Rp 496,6 M lebih. Begitu juga pengadaan truk sampah ditambah 10 unit dan 100 becak.

Selain itu Hendra mendorong seluruh Kepal Lingkungan (Kepling) dapat membentuk Bank sampah di setiap lingkungan. Adapun kegunaan Bank Sampah dipastikan menciptakan kebersihan dan membantu perekonomian.

“Mari kita mulai mendirikan Bank sampah, memilah dan mewadahi sampah mulai dari rumah dan lingkungan,” harap Hendra. (er)