Capaian Vaksinasi 80 Persen, Bupati Puji Datok Blang Kandis

199

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Guna menggenjot persentase vaksinasi di Bumi Muda Sedia, Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, bersama Kapolres AKBP Imam Asfali, dan Dandim 0117, Letkol Cpn. Yusuf Adi Puruhita tinjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi masyarakat Kampung Blang Kandis Kecamatan Bandar Pusaka, Selasa (26/10/21), di halaman kantor Datok Penghulu setempat.

Tiba di lokasi, Bupati Mursil menyampaikan apresiasi melihat antusiasme warga yang hadir pada pelaksanaan vaksinasi kemarin.

“Hari ini, saya melihat masyarakat di Blang Kandis begitu antusias untuk mendapatkan suntikan vaksin tahap pertama dan kedua,” ujarnya penuh senyum.

Ditanya mengapa warga bisa begitu antusias mengikuti vaksinasi, Datok Penghulu Blang Kandis, Rusli menerangkan, ia bersama aparatur kampung menggandeng semua pemangku kepentingan untuk terlibat dan berperan aktif.

“Semua perangkat dan pemangku kepentingan kita gerakkan, Pak! Untuk sukseskan vaksinasi. Dari mulai unsur MPU (ulama –red), Tok Imam kampung, kepala dusun, MDSK, LKMK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bidan Desa, pihak kecamatan, hingga guru dan kepala sekolah kami ajak urun rembuk, bermusyawarah menggalang warga dan anak usia sekolah supaya mau ikut vaksinasi. Kami rencanakan dan atur jadwalnya biar semua bisa ikut,” ujarnya.

Datok Rusli kepada Bupati Mursil, Kapolres, Dandim dan para tetamu yang hadir kemudian menyebutkan, sudah 80% warganya memperoleh vaksinasi.

“Warga yang telah divaksin di Blang Kandis sudah mencapai 80% Pak. Kami menargetkan, hari ini (Selasa kemarin –red) warga yang tervaksin mencapai persentase di angka 90%”, jelasnya lagi.

Mendengar itu, Bupati dengan bangga memuji hasil kerja Datok Rusli. Ia meminta para Datok lain bisa mereplikasi cara kerja Datok Penghulu Blang Kandis menyukseskan program vaksinasi massal Covid-19.

Bupati Mursil menuturkan ia berencana memberikan penghargaan pada kampung yang berhasil mencapai target vaksinasi warganya sebesar 90-95%. Ini dilakukan agar capaian persentase masyarakat yang tervaksin terus meningkat dan bisa menembus angka tersebut.

“Kita akan berikan penghargaan bagi kampung-kampung yang berhasil mencapai target. Penghargaan tersebut rencananya berupa tambahan insentif pembangunan yang bisa diusulkan oleh aparatur perangkat kampung pada Musrenbang ke depan”, imbuhnya.

Di sisi lain, Kapolres Aceh Tamiang Imam Asfali tersebut menambahkan, selain menggerakkan masyarakat umum, pihaknya saat ini tengah mengajak Kantor Kemenag Aceh Tamiang ikut berperan aktif dalam mensukseskan vaksinasi massal, terutama bagi calon jama’ah umroh dan haji.

“Kami mengajak Kantor Kemenag untuk berperan lebih aktif lagi dalam upaya penyuksesan program vaksinasi massal Covid-19. Ini terutama menyangkut persyaratan bagi calon jemaah haji dan umrah dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, yang mewajibkan calon jemaah haji dan umrah telah mendapatkan vaksinasi dari pemerintah setempat,” ungkapnya menambahkan.

Bekerja sama dengan Polres dan Dinkes, vaksinasi massal di Kampung Blang Kandis, Bandar Pusaka digelar secara menarik. Pemerintah Kampung menyediakan kenduri makan siang bagi warga yang telah divaksin. Kegiatan vaksin juga dimeriahkan dengan adanya doorprize dari PT. Pegadaian (persero) dengan hadiah utama emas seberat 0,2 gram sebanyak dua keping.

Pembagian BLT bulan Oktober bagi penerima juga dilakukan di sela-sela vaksinasi. Warga penerima yang telah divaksin bisa langsung mengambil uang tunai usai mendapat vaksin dan makan siang.

Terdapat dua gerai pelayanan vaksinasi di sana kemarin. Masing-masing untuk vaksinasi tahap pertama dan kedua. Pihak Dinkes menyiapkan 300 dosis vaksin Sinovac bagi warga Blang Kandis dan sekitarnya. (ABS)