Camat Sosa : Boleh Kita Keluar Rumah TapiJaga Jarak (Physical Distancing), Tapi Kalau Yidak Perlu Jangan Keluar

176

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah tindakan menjauhi segala bentuk perkumpulan, jaga jarak antar manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Jadi Physical Distancing (Jaga Jarak Fisik red-) dan Social Distancing sangatlah diperlukan pada saat Covid 19 ini hadir di muka Bumi Allah. Karena Virus Corona ini kalau sudah masuk ke tubuh, maka Reaksi tubuh saat terinfeksi virus Corona adalah membentuk daya tahan tubuh dengan kuat untuk membasmi virus tersebut.

Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka virus akan mati. Namun, pada orang yang daya tahan tubuhnya lemah, virus Corona bisa sulit dilawan sehingga muncul gejala yang berat dan komplikasi yang fatal. Makanya di butuhkan jika kita harus menjaga Jarak Fisik kita sama orang lain. Virus Corona dapat menular antarmanusia melalui percikan dahak atau air liur penderita COVID-19 saat sedang batuk atau bersin. Percikan dahak dan air liur ini dapat masuk ke dalam tubuh orang lain melalui mata, hidung, atau mulut.

Karena kata WHO keberadaan Covid 19 ini baru dapat ditemukan Vaksin yang mematikan Virus Corona ini 18 Bulan, berarti kalau kita hitung kedepan tahun 2021 bulan Juni baru bisa di matikan Virus Corona ini. Makanya mulai sekarang sampai Juni tahun 2021 jagalah Kesehatan dan Kebersihan kita masing-masing. Hal tersbut diungkapkan Camat Sosa Asrin Kholid Daulay S.Sos di ruang Kerjanya.

Kami di Kecamatan Sosa ketika hadirnya Covid 19 ini, maka ketika ada Perintah dari Pusat maupun Pemerintah Padang Lawas, kami reaksi cepat langsung memberikan himbauan kepada Masyarakat melalui Mikrofon berjalan, Spanduk besar, dan kami langsung membentuk Tim Satgas Relawan Desa, bahkan kami buat Call Centernya. Jadi kita mengharapkan agar jika Covid ini berakhir, maka ambillah satu hikmahnya jika yang paling utama itu adalah kesadaran kita Manusia, bahwa pentingnya yang namanya Kesehatan dan Kebersihan.

Terutama faktor Makanan juga harus dijaga dan makanlah Suplemen Seperti Madu dan Buah. Agar Imunitas tubuh kita tetap terjaga dengan baik. Tapi kami sangat bersyukur belum ada yang PDP di Kecamatan Sosa, tapi kalau ODP banyak, karena banyaknya masyarakat khususnya masyarakat Jawa yang datang dari Jawa menuju ke Kabupaten Palas.

Ditanya Jurnalis Ketikberita.com apakah sudah ada kerjasama dengan beberapa Perusahaan di Sosa tentang Pencegahan Covid 19 ini. Ada memang salah satu Perusahaan yang mau kasih APD (Alat Perlindung Diri) dan Masker, tapi sampai saat ini belum ada realisasinya oleh pihak Perusahaan. Tapi kami juga dari Pemernitahan Kecamatan Sosa agar jangan Perusahaan ditutup, karena akan menjadi Kepanikan Masyarakat jika Perusahaan di tutup, karena masyarakat Sosa masih mengandalkan Ekonomi dari Sawit dan Karet.

Tapi Alhamdulillah sampai sekarang belum tutup Perusahaan, karena Pimpinan merrka masing-masing Perusahaan kalau belum ada Zona Merah Kecamatan Sosa jangan tutup Perusahaan. Makanya saya juga menghimbau kepada pihak Perusahaan agar seluruh Pegawainya menjaga Kesehatan dan harus memakai Masker jika Bekerja, bila perlu ada Sanitizer Dettol masing-masing Pegawai di berikan, jadi mau bekerja dan sesudah Bekerja harus bersihkan tangan.(DEWA JARLUB S.SOS/ JAWA-ARAB-LUBIS)