Bupati Sergai Serahkan 3300 Goni Beras, Di Kec. Tanjung Beringin Dampak Banjir Besar Setelah 20 Tahun Lalu

184

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Desa Pekan Tanjung Beringin dan Nagur Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) sudah Tiga hari mengalami kebanjiran dengan ketinggian diperkirakan mencapai 80 cm-1 M.

Banjir dalam tiga hari ini kata Kepala Desa Pekan Tanjung Beringin Ir. Indra Syahputra, Jum’at (5/11/2021), ini yang paling tinggi airnya dan menurut catatan sudah 20 tahun sejak tahun 2001 yang lalu baru kali banjir besar terjadi lagi di tahun 2021, karena air laut pasang dan curah hujan cukup tinggi ditambah banjir kiriman.

Untuk Desa Pekan Tanjung Beringin ada 2023 unit rumah yang terendam air. Alhamdulillah Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Kapolres Sergai AKBP. Robinson Simatupang, Ketua TP.PKK Sergai Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, bersama rombongan langsung turun meninjau dan menyerahkan bantuan Sembako berupa Beras 3300 goni ukuran 5 kg ditambah paket sembako dari Polres Sergai untuk meringankan beban masyarakat korban banjir.

Atas nama pemerintah desa dan masyarakat saya mengucapkan banyak terima kasih banyak dengan kepedulian Bupati Sergai.

“Bantuan 3300 goni beras ditambah dengan bantuan dari Kapolres Sergai paketan sembako disalurkan untuk Desa Pekan Tanjung Beringin dan Desa Nagur.”jelas Camat Tanjung Beringin Elmiyati S.AP.

Kecamatan Tanjung Beringin sebenarnya sudah biasa menghadapi banjir, namun banjir kali ini memang cukup tinggi dan beda banjir yang selama ini hanya mengenangi halaman rumah warga tidak sampai ke rumah juga bada jalan umum. Nah, dalam tiga hari ini air naik hingga ke sebagian badan jalan Dusun II dan III di Desa Pekan Tanjung Beringin, begitu juga di Desa Nagur. Ujar Elmiyati.

Bupati Sergai Darma Wijaya usai menyerahkan bantuan mengatakan pemberian bantuan ribuan goni beras ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sergai atas kondisi masyarakat yang saat ini menjadi korban bencana banjir.

“Kita tidak tutup mata atas kesulitan yang dialami masyarakat terdampak banjir. Maka dari itu, kita langsung turun ke tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Seluruh pihak, baik itu pemerintah, TNI-Polri serta lainnya sudah bergotongroyong untuk memberikan bantuan kepada para korban. Ditambahkannya, selain Kecamatan Tanjung Beringin, pihaknya turut pula menyerahkan bantuan kepada 2.010 KK (Kepala Keluarga) di Kecamatan Sei Rampah yang kediamannya juga terendam banjir kiriman.

Untuk itu Bupati menghimbau warga korban banjir untuk senantiasa terus berjaga-jaga dalam menghadapi cuaca ekstrem yang beberapa hari terakhir kerap terjadi di sebagian besar wilayah Serdang Bedagai.

“Saya minta warga tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan jangan lalai, sebab kondisi cuaca masih ekstrem. Jika tidak memungkinkan tinggal di rumah, maka warga diharapkan segera mengungsi ke Posko- posko terdekat yang sudah disiapkan pemerintah,” himbau bupati.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang menyatakan, sejak banjir melanda kawasan Sei.Rampah dan Tanjung Beringin personel Polres telah disiap siagakan di lokasi untuk membuat Posko sekaligus memantau ketinggian air dan menurunkan perahu karet serta alat pertolongan bagi warga korban banjir.

Turut hadir dalam penyaluran bantuan tersebut, Ketua Dharma Wanita Sergai Ny Uke Faisal Hasrimy, Ketua Bhayangkari Sergai Pdt Vera Pasaribu, Kadis Kominfo Sergai H Akmal dan unsur lainnya. (AfGans)