Bupati Sergai Kembali Salurkan Bantuan Beras Dibeberapa Desa di Kecamatan Sei Rampah dan Himbau Masyarakat Jaga Kesehatan

123

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bupati Kabupaten Serdang Bedagai H. Darma Wijaya kembali menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat korban banjir. Bantuan beras sebanyak 2100 goni ukuran 5 kg diserahkan untuk masyarakat korban banjir di Desa Firdaus, Sei Rampah, Cempedak Lobang, Sei Rejo dan Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) secara simbolis kepada Camat Sei Rampah Suhendra Damanik,SSTP, Sabtu (6/11/2021) sekira pukul 15.20 Wib di Halaman Kantor Camat Sei Rampah.

Sebelumnya, Bupati Sergai telah menyerahkan kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Tanjung Beringin 3300 goni ukuran 5 kg.

Camat Sei Rampah Suhendra yang dijumpai usai menerima bantuan mengatakan, bantuan beras ini benar berasal dari Bupati Sergai.

Ia menjelaskan, bahwa untuk saat ini kondisi air sudah mengalami surut setinggi 10 cm, namun sore ini air kembali naik 3 cm dan masih perkiraan air terus mengalami peningkatan hingga malam ini, mengingat curah hujan di hulu cukup tinggi dan banjir kiriman.

Dikatakannya, berdasarkan laporan sementara diterima dari para kepala desa diketahui masyarakat yang mengungsi terdiri dari 12 warga asal Desa Cempedak Lobang, 34 orang di Desa Firdaus, Sei Rampah 300 orang dan 5 warga dari Desa Pematang Ganjang.

Sedangkan data warga yang mengalami sakit gatal – gatal sesuai data yang diterima terdiri dari 12 orang anak – anak dan dewasa 44 orang asal Desa Cempedak Lobang, 50 orang di Desa Sei Rampah. Semua itu sudah mendapatkan pengobatan dari tim medis Puskesmas Sei Rampah.

Bagi masyarakat yang ingin mengungsi kata Camat, Pemkab Sergai sudah menyediakan 20 unit Posko dan dapur umum di Desa Sei Rampah, 1 unit di Desa Pematang Ganjang dan 1 unit di Desa Firdaus 1 unit.Jelas Camat.

Penyerahan bantuan beras ini dihadiri oleh Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto SH,Kades Sei Rampah Munajat, Kades Firdaus M.Dian, Kades Pematang Ganjang Sugiono, Kades Sei Rejo Warianto.

Bupati Sergai H Darma Wijaya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan bersabar menghadapi cobaan bencana alam ini.

” Ia meminta bantuan tersebut segera distribusikan dan tepat sasaran kepada korban banjir.
Kondisi saat ini tetap waspada mengingat curah hujan masih tinggi dan banjir kiriman.”

Disamping itu semua instansi terkait juga saya minta untuk saling gotongroyong mengantisipasi bencana ini. Dan menghimbau warga yang ada di bantaran sungai agar lebih hati-hati, terutama menjaga anak-anak agar tidak bermain – main dan mandi di tempat yang airnya dalam. Para orang tua diharapkan senantiasa memantau anak-anaknya guna menghindari terjadinya peristiwa yang kurang baik.

Seluruh masyarakat Sergai khususnya desa yang dilanda banjir dimusim curah hujan yang tinggi ini bisa cepat tanggap dan siap siaga dengan berba gai kemungkinan yang terjadi akibat dari bencana banjir. Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar turut melakukan monitoring di lapangan. Tegas Bupati. (AfGans)