Bupati Pasaman H Benny Utama, Terbitkan Perbup Dukung Aplikasi Barcode Peduli Lindungi yang Dilaksanakan Polres Pasaman

108

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Berbagai upaya telah di lakukan termasuk door to door atau meninjau langsung rumah kerumah untuk mencari masyarakat untuk di vaksin yang dilakukan oleh Babinkantibmas dan di bantu oleh Babinsa termasuk oleh petugas kesehatan hal tersebut juga mengalami kesulitan, untuk itu untuk mempermudah pemantauan terhadap masyarakat yang belum atau yang masih satu kali divaksin Pihak polres Pasaman untuk saat ini menggunakan Aplikasi scan QR didepan seluruh Pintu masuk sarana pelayanan umum di Kabupaten Pasaman, hal tersebut disampaikan Kapolres Pasaman AKBP. Fahmi Reza, Sik, MH saat pelaksanaan “Lounching Barcode Aplikasi Peduli Lindungi, yang di laksanakan di Embun Water Park Lubuksikaping, Senin (24/01/2022).

Fahmi Reza dalam sambutanya menambahkan untuk awal kegiatan ini nantinya akan di laksanakan di beberapa titik objek wisata diantaranya Ambun Waterk Park, Moseum Tuanku Imam Bonjo , TWA Rimbo Panti, TWA Puncak Koto Panjang dan terkhusus Puncak Tonang dilakukan dengan manual, sehubungan dengan ketiadaan jaringan internet daerah tersebut
kepada pengunjung ke lokasi tersebut di wajibkan untuk memperlihatkan sertifikat faksin.

selain itu Pelaksanaan Aplikasi tersebut tidak tertutup kemungkinan juga akan dilaksanakan di seluruh instansi pemerintah terutama yang melaksanakan pelayanan yang ada di daerah ini.

Setidaknya dengan adanya sistem ini nantinya akan dapat meyakinkan masyarakat ,Daerah lain, pemerintah pusat maupun negara lain, bahwa Pasaman telah melaksanakan Vaksinasi terhadap seluruh masyarakat, dalam hal ini pihak Polres Pasaman sangat Apresiasi terhadap dukungan penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, tambah Kapolres.

Sementara itu Bupati Pasaman H. Benny Utama dalam arahanya mengatakan , Pemerintah Daerah sangat mendukung sekali terhadap pelaksanaan pemantauan Vaksinasi terhadap masyarakat di seluruh tempat pelayanan umum, keseriusan Pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut tercermin dengan di terbitkanya sebuah regulasi ” Perbup, (Peraturan Bupati) tentang pelaksanan penggunaan Barcode Peduli Lindungi disarana pelayanan umum dan keramaian.

Dengan adanya sistem Aplikasi Barcode hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk melindungi masyarakat terhadap penyebaran Covid 19, dengan masih adanya wabah tersebut tentunya akan terus bermutasi dengan varian varian yang bervariasi, semua upaya telah dilakukan namun mau tak mau kita harus berdampingan wabah tersebut, namun dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana masyarakat kita untuk memiliki imunitas yang tinggi atau kekebalan tubuh yang dapat menangkal virus tersebut, tambahnya.

Untuk mencapai target menyeluruh dari vaksin ini tidak lah mudah , sementara untuk pelaksanaan vaksin ke 2 Kabupaten Pasaman masih tergolong rendah di kawasan Sumatera Barat, yakni masih di bawah 40 persen, sehingga kita belum bisa masuk pada Vaksinasi Booster, karena untuk mendapatkan vaksinasi Booster kita harus pada posisi 60 persen, sementara untuk vaksin 1 kita tidak ada masalah dan Vaksin 2 saat ini masih terkendala imbuh Benny Utama.

Ia berharap bagaimana masyarakat kita tetap terlindungi , meskipun kadang kadang nampaknya agak memaksa dalam pelaksanaanya, namun tekadnya adalah bagaimana kita bisa berbuat yang terbaik bagi masyarakat, dengan adanya sistem Aplikasi tersebut ia berharap setidaknya habis lebaran nanti, seluruh masyarakat akan selesai tervaksini, untuk itu kepada pihak Polres Pasaman Pemerintah daerah sangat Apresiasi dengan inisiasi yang telah dilakukan tentu nya untuk Pasaman. yang sehat dan aman dari wabah ini,” tutupnya.

Sebelum nya pimpinan Ambun Water Park Fetrizal. SH dalam kesempatan yang sama mengatakan , pihknya sangat menyambut baik dan berterima kasih dengan di pilih nya lokasi tersebut sebagai tempat Lounching Barcode Aplikasi peduli lindungi, selanjutnya ia mengajak kepada rekan rekan sesama pemilik taman objek wisata maupun yang lainya untuk sama sama ikut mensukseskan program tersebut.

Di akhir acara juga dilaksanakan penanda tanganan Perbup terkait pelaksanaan Aplikasi Barkode Peduli Lindungi di seluruh kawasan pelayanan umum oleh Bupati Pasaman yang di saksikan oleh Forkopimda, Kepala OPD dan Jajaran Polres Pasaman. (Jaka)