Bupati Nias Membuka Pendidikan & Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Bagi Pelaku UMKM TA.2022

292

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias, Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si membuka secara resmi pendidikan dan strategi pemasaran produk bagi pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Nias TA 2022, bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Jl. Pastoran No.3 Hiliweto Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Senin (19/09).

Bahwa kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenaga kerjaan Kabupaten Nias.

Dilansir dari Niaskab.go.id, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si, dalam arahannya menyampaikan bahwa, pelatihan merupakan sesuatu proses Pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir.

Salah satu faktor kegagalan wirausaha adalah kurangnya memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengakibatkan fokus tujuan tidak jelas, daya saing lemah, tidak bisa meminimalisir resiko, ujar Ya’atulo.

Pada kesempatan itu, ia berpesan kepada Penyelenggara Kegiatan dan Para Peserta (Pelaku UMKM), yaitu: Kepada penyelenggara kegiatan ini bukan sekedar kegiatan menghabiskan anggaran tetapi berkelanjuatan bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Nias.

Kepada Narasumber kiranya memberikan totalitas kemampuan dan pengetahuannya yang dimiliki sehingga peserta mampu memahami apa yang disajikan.

Kepada para peserta diharapkan mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh supaya pengetahuan yang didapat dari pelatihan ini dapat diimplementasikan pada usahanya masing-masing.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Firmina Halawa, S.E, menyampaikan, pelatihan ini dilaksanakan selama 7 (Tujuh) hari.

Pembiayaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro, dan Kecil (PK2UMK) T.A. 2022 Kabupaten Nias.

Peserta diikuti oleh Pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Nias berjumlah 25 orang, waktu pelaksanaan Senin s.d Rabu (19 s.d 21 September 2022) sedangkan Pelatihan Kuliner Bagi Pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Nias berjumlah 27 orang, waktu pelaksanaan Kamis s.d Sabtu (22 s.d 24 September 2022), bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Jl. Pastoran No.3 Hiliweto Gido.

Pada kegiatan tersebut hadir Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Narasumber (Ajulio Padly Sembiring, ST., M.Com), Panitia Pelaksana Kegiatan, dan Seluruh Peserta Kegiatan Pelaku UMKM.
(Wardiy)