Bupati Nias Barat Terima Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako Bersama Camat Sirombu

265

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menerima kunjungan Camat Sirombu, Mesrawani Zalukhu, S.AP bersama Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako, yang berlangsung diruang kerjanya. Pada Selasa, (06/09/2022).

Bupati Khenoki Waruwu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, saya berterima kasih kepada Camat Sirombu bersama dengan Panitia yang telah bekerja sama dalam mewujudkan harapan Pemerintah Kab. Nias Barat dengan agenda Pemekaran Kec. Kepulauan Hinako yang selama ini telah bergabung diwilayah Kecamatan Sirombu.

Secara khusus disampaikannya kepada keluarga penghibah tanah, atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Barat mengucapkan terima kasih, dan kiranya Tuhan selalu memberkati keluarganya.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mejelaskan bahwa sebagaimana arahan saya sebelumnya telah berulangkali disampaikan dengan tujuan pemekaran wilayah Kepulauan Hinako, tidak lain adalah mewujudkan harapan masyarakat itu sendiri, dimana ketertinggalannya dalam perhatian pembangunan diberbagai bidang, termasuk menghilangkan image bahwa Kepulauan Hinako bukanlah Desa Siluman.

Lebih lanjut Bupati Nias Barat, kekhawatiran sebagian masyarakat akan perpindahan aset yang sudah dibangun selama ini didaratan Sirombu, menegaskan tidak akan berpindah tangan dan termasuk aset pemerintah Desa dan dusun tersebut, katanya.

Kepulauan Hinako memiliki kejayaan pada masanya yang kaya akan perkebunan kelapa kopra dan cengkeh berkualitas, kaya berbagai hasil laut, memiliki gugusan pulau nan indah, wajah asri dan pulau pariwisata serta kaya ragam budaya.

Oleh karena itu, jika ada sebagian masyarakat meragukan atas usul pemekaran dimaksud, mari kita tepis dan kita jadikan motivasi, baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Kecamatan Sirombu bersama Panitia Pemekaran. Mari kita optimis bahwa, pemekaran kecamatan tersebut adalah kebaikkan dan kepentingan kita bersama dan untuk generasi berikutnya, harapnya Bupati Khenoki.

Sebelumnya, Camat Sirombu menjelaskan kedatangannya bersama dengan Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako melaporkan hasil amanat tugas yang telah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu, dimana 10 Desa dari 12 Desa telah setuju dan sepakat memekarkan Kecamatan Kepulauan Hinako dengan dibuktikan dalam bentuk Berita Acara.

Camat Mesrawani Zalukhu, juga melaporkan hibah tanah pertapakan kantor kecamatan tersebut seluas 80×120 M² terletak diwilayah Pemerintah Desa Hanofa yang telah ditandatangani oleh pihak keluarga penghibah tanah. Sekaligus melaporkan kepada Bupati Nias Barat tentang jadwal pengukuran hibah tanah, untuk pembangunan Tower Internet di Pulau Asu sebagai penghibah tanah tersebut al. Ridho Uglisa Maruhawa bersama Herlina Zebua, alias Ina Nathan Maruhawa.

Pada pertemuan dimaksud nampak hadir Camat Kec. Sirombu, Mesrawani Zalukhu, S.AP, perwakilan Keluarga penghibah tanah, Herlina Zebua, alias Ina Nathan Maruhawa, Panitia Pemekaran Kec. Kepulauan Hinako al. Ketua Demitrius Marunduri, Sekretaris Ridho Uglisa Maruhawa, S.Km, Bendahara Muh. Azwin Marunduri, S.Pd, dan Kepala Desa Hanofa, Benihaogo Maruhawa beserta beberapa unsur dari koordinator Panitia Pemekaran Kec. Kepulauan Hinako. (Wardiy)