Bupati Nias Barat Mengapresiasi Festival Budaya Kreasi Desa Hinako

178

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menghadiri kegiatan Festival Budaya Kreasi Desa Hinako Kecamatan Sirombu Kab. Nias Barat Tahun 2021 di Pantai Sirombu, Minggu (5/12/21). Acara yang mengusung tema “Warisan Budaya Sebagai Kekayaan Desaku”

Turut hadir pula Sekda Nias Barat Prof.Dr Fakhili Gulo, Para Kepala Desa, para Tokoh Adat, Tokoh Agama, serta Tokoh Pemuda Masyarakat. Hadir Musisi Legendaris Pulau Nias Yas Zalukhu.

Tujuan Festival Budaya Hinako dijelaskan oleh Panitia yakni untuk meningkatkan pengetahuan mengenai budaya dan bahasa, meningkatkan kebudayaan lokal ke internasional, meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan masyarakat untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia, untuk hiburan dan edukasi, untuk menyatukan berbagai komunitas didalam masyarakat, untuk promosi usaha, serta sebagai usaha meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya masyarakat Hinako dan sekitarnya.

Bupati Nias Barat menuturkan patut kita apresiasi kegiatan ini yang merupakan salah satu daya tarik wisata di daerah yang kita cintai.

“Kegiatan festival budaya seperti ini sangat penting dilakukan secara kontinyu, sehingga seni budaya di daerah kita ini dapat terpelihara dengan baik dan terpenting menyatukan berbagai komunitas didalam masyarakat,” ujar Bupati.

Sebagai salah satu daerah yang diposisikan sebagai tujuan wisata, maka kata Bupati perlunya peningkatan kesadaran semua pihak untuk terus didorong kearah proses perubahan yang lebih baik dengan secara sinergis bersama semua elemen kepariwisataan menyusun rencana tindak secara terencana, terprogram dan berkelanjutan dengan memanfaatkan segala sumber daya lokal dan pelibatan seluruh pihak, contohnya pelaksanaan Festival Budaya Hinako yang melibatkan generasi muda dalam mengembangkan kreatifitasnya sebagai bentuk menjaga, melestarikan, dan memelihara budaya yang dimiliki.

“Olehnya itu saya berharap kegiatan seperti ini harus terus didukung oleh kita semua, khususnya dari pemerintah desa untuk memberikan pembinaan dan pendampingan generasi muda dalam mengembangkan kreasi bidang seni budaya,” ucap khenoki mengakhiri. (Wardiy)