Bupati Nias Barat Membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Petunjuk Teknis Program BOS Tahun 2021

37

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu membuka rapat koordinasi dan Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2021 Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat, yang dilaksanakan bertempat di Alun-Alun Omo Sebua Pendopo Bupati Nias Barat – Onolimbu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Selasa (11/05/2021).

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Nias Barat pada tanggal 26 April 2021 oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara telah terlaksana dengan baik.

Berkaitan dengan itu Bupati/Wakil Bupati Nias Barat, kami mengharapkan kepada seluruh ASN melaksanakan tugasnya dengan baik karena Pilkada telah selesai dan saatnya sekarang kita bersatu memberikan yang terbaik untuk Nias Barat.

Saudara/i dan hadirin yang berbahagia. Mengawali pelaksanaan Pemerintahan baru di Kabupaten Nias Barat dapat mempedomani Visi-Misi Kami : “Bersih, Unggul, dan Maju” memuwujudkan visi-misi ini, dimulai dengan Program 100 Hari Kerja yang sasarannya Peningkatan Disiplin ASN, Penataan dan Kebersihan Kantor, Sekolah dan Lingkungan masing-masing.

Lebih lanjut Bupati Nias Barat sampaikan, bahwa pelaksanaan tugas secara sungguh-sungguh dengan mengacu pada ketentuan yang ada serta kecepatan kerja 70 kilometer/jam, secara khusus di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat diharapkan peran seluruh Staf Dinas Pendidikan, Pengawas SD/SMP, Kepala Sekolah, dan Guru-guru dalam peningkatan mutu pendidikan secara sungguh-sungguh, jangan terlena karena Covid-19, laksanakan tugas dengan baik dan wujudkan Merdeka Belajar, Asesmen Kompetensi Minimal dan Survei Karakter sesuai apa yang diharapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Berkaitan dengan Rapat Kerja Dinas Pendidikan pada hari ini diharapkan partisipasi aktif dari Dinas Pendidikan, Pengawas SD/SMP, Kepala Sekolah untuk membicarakan langkah-langkah yang harus ditempuh masing-masing sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Nias Barat.

Untuk itu diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik karena masih saya lihat Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru-guru yang kurang sungguh-sungguh dalam pelaksanaan tugasnya, apalagi Guru Honorer Daerah (GKD) yang kurang aktif melaksanakan tugas.

Dengan Sosialisasi Dana BOS pada hari ini diharapkan kepada seluruh Kepala Sekolah, Bendahara dan Tim Manajemen Bos di Dinas Pendidikan supaya ada keseriusan bekerja dan penanganan secara sungguh-sungguh. Pengalaman tiap tahun selalu ada masalah pada Pelaporan Dana BOS dari masing-masing sekolah, untuk itu apa yang menjadi permasalahan sesegera mungkin untuk diatasi dan dilengkapi segala administrasi secara kooperatif dimulai dari RKAS, Pengentrian Aset, Pembuatan Barang Persediaan Habis Pakai, SP3B, SPJ Dana Bos dan hal lain yang berkaitan dengan Pelaporan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juknis) Dana Bos tahun 2021.

Kepala Sekolah sebagai pimpinan sekolah bisa memberikan pengarahan sesuai dengan Juknis yang ada, Bendahara bisa mempertanggungjawabkan dan menyelesaikan SPJ dengan benar dan tepat waktu, perbaiki Kinerja di Tahun 2021.

Sosialisasi Dana BOS tersebut turut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si., Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah beserta Guru lingkup Kabupaten Nias Barat. (Wardiy)