Bupati Nias Barat Hadiri Musrenbang Di Kecamatan Mandreha Utara

210

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, menghadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 di Kecamatan Mandrehe Utara. Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan di Gereja BNKP Lahagu, Kamis (16/2/2023).

Melalui Musrenbang Kecamatan akan dilakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan.
Berdasarkan hasil analisa terhadap permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan daerah dan memperhatikan pencapaian visi, misi dan program pembangunan yang telah ditetapkan melalui RPJMD, maka tema pembangunan Kabupaten Nias Barat Tahun 2024, yaitu “Pengentasan Kemiskinan Ekstrim dan Suksesnya Pemilu/Pemilukada melalui Pengoptimalan Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat, Sinergitas dan Percepatan Pembangunan yang Bersih, Unggul dan Maju”.
Tema tersebut telah diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi Sumatera Utara serta strategi pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrim, yang difokuskan pada:
1. Peningkatan kualitas pelayanan publik dan kapasitas penyelenggaraan pemerintah daerah
2. Peningkatan penerapan inovasi daerah
3. Peningkatan kualitas infrastruktur dasar yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan
4. Peningkatan sumber daya manusia; dan
5. Peningkatan ekonomi.

Turut hadir mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut, diantaranya Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Forkompimcam Mandrehe Utara, Kepala UPT, Kades, BPD dan Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Mandrehe Utara. (Wardiy)