Bupati Nias: Air Panas Mbombo Aukhu Sebagai Ikon Wisata Kebanggaan Kabupaten Nias

38

NIAS (Sumut) Ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias dalam hal ini Bupati Nias, Drs Sokhiatulo Laoli,MM dan di dampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Drs Kharisma Halawa,M.Si secara resmi membuka Launcing destinasi Wisata Mbobo Aukhu yang terletak di desa Oladano Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Sabtu (13/2/2021) .

Pantauan awak media ini menginformasikan bahwa Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Drs Kharisma Halawa,M.Si menyampaikan pelaksanaan launching destinasi wisata air panas Mbobo Aukhu sebagai Icon Kabupaten Nias dan sekaligus membantu perekonomian masyarakat sekitarnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias sampaikan bahwa Sarana dan Prasarana destinasi Wisata Mbobo Aukhu telah dilaksanakan beberapa tahapan mulai tahun 2017 s/d tahun 2020.

Pada Tahun 2017 dimulai MOU antara Pemkab Nias dengan rektor institut teknologi Bandung (ITB), sehingga pada tahun 2018 pihak ITB melaksnakan penilitian kondisi alam sehingga pengerjaan pengeboran mencapai kedalaman 250 meter dan tahun 2019 penelitian tersebut berhasil dilakukan sehingga air panas kembali dialirkan kedalam kolam pemandian dengan suhu 41 derajat celcius.

Di bulan Januari s/d Maret 2020 destinasi air panas Mbobo Aukhu mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan, dan diakhir tahun 2020 perbaikan rehabilitasi sarana dan prasarana telah kita bangun seperti pembangunan gardu tempat mesin sumur dalam, rehab toeilet, rehab tempat pemandian dan pembuatan sumur bor untuk sumber air bersih.

Sementara Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM mengapresiasi Dinas Pariwisata Kabupaten Nias dimana suatu pertanda dalam memberhasilkan program kegiatan pembangunan dalam sektor Pariwisata dan ekonomim kreatif yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias, dimana kita merasa senang dan bangga dapat memfungsikan kembali destinasi air panas Mbobo Aukhu sebagai ikon wisata kebanggaan Kabupaten Nias.

Beliau berharap agar kiranya bangunan Sarana dan Prasarana wisata air panas Mbobo Aukhu yang sudah ada agar bersama menjaga dan mempelihara agar dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama dan berkelanjutan ujar Bupati Nias.

Di akhir acara tersebut dirangkai dengan penyerahan bantuan sarana penjualan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, dan selanjutnya Bupati Nias meninjau setiap lokasi yang direnovasi. (Wardi)