Bupati Mursil Serahkan Bantuan Alat Kepada 134 Alumni SDC

149

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, menyerahkan bantuan alat usaha secara simbolis kepada 134 orang. Penyerahan bantuan yang berlangsung di serambi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Rabu (3/11/21) kemarin. Bantuan tersebut sebagai lanjutan dari pelatihan kerja yang telah diikuti para peserta program Skill Development Center (SDC) selama 35 hari.

Saat proses penyerahan bantuan, Bupati Mursil mengingatkan kepada penerima bantuan untuk menggunakan alat kerja yang diberikan secara maksimal. Hal itu ungkapnya agar bantuan ini menjadi motivasi bagi peserta dalam membuka usaha kecil-kecilan yang bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Bantuan alat kerja ini mohon untuk tidak dijual. Pergunakan ilmu yang telah didapat selama masa pelatihan. Ingat! Semua keberhasilan dimulai dari hal kecil terlebih dahulu. Jangan putus asa dan tetap semangat. Nanti lama-lama usaha kecil akan berkembang menjadi usaha yang besar”, pesannya kepada peserta.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans, Muhammad Zein dalam keterangannya menyampaikan para peserta pelatihan kerja ini terdiri dari 24 kelompok teknisi. Masing-masing sebanyak 12 kelompok teknisi sepeda motor, 6 kelompok teknisi ponsel dan 6 kelompok lagi teknisi komputer.

“Secara keseluruhan ada 134 peserta pelatihan, yang terbagi ke dalam 24 kelompok. Sementara 16 orang lainnya mengikuti pelatihan barista yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh”, kata Zein.

Ia berkomitmen dalam rencana strateginya pada penguatan SDC di masa yang akan datang pihaknya akan mempertahankan usaha mandiri agar tetap berjalan. Kemudian memperkuat kerjasama dengan pihak Kemenaker melalui BBPLK se-Indonesia, BLK, BLI dan stakeholder lainnya di daerah.

Lebih lanjut program ini bertujuan memangkas angka pengangguran dan menempah masyarakat Aceh Tamiang menjadi wirausahawan sesuai bakatnya.

“Kita berharap program ini berjalan sesuai tujuan awal. Jangan sampai peserta pelatihan kembali menjadi pengangguran, itu artinya program ini gagal,” kata Zein.

Acara penyerahan bantuan usaha mandiri ini turut dihadiri Plt. Asisten Administrasi Umum, Tri Kurnia, Kepala Distanbunak, Yunus dan jajaran Disnakertrans Aceh Tamiang. (ABS)