Bupati Kab.Toba Poltak Sitorus Lakukan Peninjauan Keberadaan Ikan Predator yang Meresahkan Nelayan

105

KAB.TOBA (Sumut) ketikberita.com | Dampak dari hadirnya spesies ikan predator “Red Devil” di perairan Danau Toba dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus turun untuk melihat dan menanyakan langsung nelayan tradisional di Desa Lumban Gaol, Tambunan, Kamis (07/04/2022) untuk mendapatkan informasi mengenai jenis ikan dan dampak yang ditimbulkannya.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu nelayan bernama Reynold Tambunan saat ditanya langsung oleh Bupati Poltak Sitorus menyampaikan bahwa keberadaan ikan ini sangat meresahkan dan mengganggu, dimana ikan ini merupakan pemangsa alami bagi telur dan benih dari ikan ikan yang ada di Danau Toba yang mengakibatkan hasil tangkapan nelayan mengalami penurunan drastis

Senada dengan Reynold, Nikson Tambunan yang juga merupakan salah satu nelayan mengatakan bahwa dalam kurun tiga tahun terakhir hasil tangkapan ikan drastis menurun diakibatkan benih dan telur telur ikan menjadi makanan bagi ikan tayo tayo (penamaan yang diberikan masyarakat) dan harapannya pemerintah dapat mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Hal lain yang merugikan bagi masyarakat adalah bahwa spesies ikan ini tidak memiliki nilai ekonomis karena tidak laku dipasarkan oleh karena rasanya yang kurang dan terlalu banyak duri

Bupati Poltak Sitorus melalui kunjungan ini menyampaikan kepada nelayan bahwa permasalahan ikan predator yang ada saat ini juga pasti dialami oleh nelayan nelayan lain disekitar Danau Toba maka Pemerintah Kabupaten Toba akan segera berkoordinasi dengan Pemkab yang berada disekitaran Danau Toba dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk dapat mengambil langkah agar ikan ini dapat dimusnahkan.

Turut mendampingi Bupati yakni Pj. Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis Ketapang Sahat Manullang Plt. Kadis Kominfo Sessmon Butarbutar, Kepala Badan Kesbangpol Josib Broztito Sianipar, Kabag Pemerintahan Samuel Lumbanraja, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan.

Kegiatan turut dihadiri Ketua DPW LSM Pakar, Nonceria Nainggolan dan tim. (As)