Bupati Aceh Tamiang Ikuti Upacara Virtual Harkitnas Sebagai Titik Awal Demokratisasi Kemajuan Bangsa

165

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn didampingi Sekretaris Daerah, Drs. Asra mengikuti upacara HARKITNAS secara virtual di Ruang Rapat Bupati Aceh Tamiang pada Kamis, (20/05/21).

Pelaksanaan Upacara Harkitnas berlangsung di Halaman Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerrade Plate sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, beliau menyampaikan 113 Tahun lalu, perhimpunan Budi Utomo meletakkan dasar-dasar Kebangkitan Nasional bagi Bangsa Indonesia dengan meretas tiga hal penting antara lain memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Tiga hal tersebut merupakan substansi makna Kebangkitan Nasional yang harus terus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya pada era pra kemerdekaan kebangkitan nasional, yang mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah pasca kemerdekaan Kebangkitan Nasional, menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa di era reformasi, membawa Indonesia menuju pengelolaan negara yang lebih terbuka dan lebih demokratis,” terangnya.

Oleh karena itu, makna Kebangkitan Nasional diarahkan menjadi faktor komando untuk mengembangkan demokratisasi di segala bidang mewujudkan keadilan penegakan hukum kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Sejatinya, lahirnya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 diangkat sebagai hari Kebangkitan Nasional dengan harapan golongan yang saling bertengkar dan rakyat Indonesia melalui momen ini dapat mengumpulkan kekuatan bersatu melawan penjajah Belanda, mencegah terjadinya perpecahan antara sesama saudara sebangsa setanah air.

“Semoga peringatan hari Kebangkitan Nasional pada akhirnya bukan sekedar menjadi ritual untuk mengenang kejayaan sejarah masa lalu saat soliditas persatuan Budi Utomo terbentuk. Peringatan hari kebangkitan nasional ini dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh bangkit kita bangsa yang tangguh,” harap Menteri Kominfo RI.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Johnny Plate menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk manfaatkan ruang digital secara tepat dan secara bijak terutama dalam menerima informasi-informasi guna menjaga kesatuan bangsa.

“Mari kita Katakan Tidak pada segala jenis ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan Ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa. Manfaatkan ruang digital untuk kemajuan ekonomi secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu menuju Indonesia Digital semakin maju,” tutupnya.

Peringatan Kebangkitan Nasional ini menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi Bangsa Indonesia, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan. Mimpi kita, untuk kita tancapkan memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa digital semakin maju.

Upacara virtual ini juga turut diikuti oleh Kepala BKPSDM Aceh Tamiang, Dra. Fauziati, Kasatpol PP & WH, Drs. Asma’I, Kepala Bagian Humas Sekretariat Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si, Kabag Organisasi dan Kepegawaian, Fadhiluk Tahir, SE., Kabag Kesra Yetno, S.Pd. (ABS)