Bupati Aceh Singkil Buka MTQ ke 36 Tingkat Kecamatan

233

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Dalam acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXVI Tahun 2021 tingkat kecamatan Singkil pada malam ini resmi dibuka, Jumat malam, 5/3/2021 dihalaman Mesjid Al Hidayah Kampung Suka Damai Kecamatan Singkil.

Dalam pantauan awak media banyak masyarakat Kampung Suka Damai yang menyaksikan acara pembukaan MTQ tersebut dan sangat antusias, semangat serta senang karena Desa mereka menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Lomba MTQ Tingkat Kecamatan.

Ketua Panitia Tingkat Kecamatan Singkil Nasrin, S.PdI dalam laporannya menyampaikan pertama sekali mudah – mudahan acara MTQ Tingkat Kecamatan ini mendapat berkah dari Allah SWT. Perlu kami sampaikan jumlah peserta yang sudah kami Verifikasi adalah sebanyak 414 Peserta.

Kemudian, Kegiatan lomba ini diadakan dari tanggal 5 s/d 7 Maret 2021. Perlu kami sampaikan ada 6 cabang jenis perlombaan yaitu pertama Tilawah Quran Tingkat Anak – Anak, Remaja, Dewasa, kedua Qiraah Quran Tingkat Remaja dan Dewasa, ketiga Fahmil Qur’an, keempat Syari’il Quran, keilma Tahfiz Quran, dan keenam Musabaqah Ilmiah Quran.

Selanjutnya sumber dana dari Kepala Desa Se – Kecamatan Singkil berjumlah Rp. 7 500.000 perdesa. Saya selaku ketua panitia mengucapkan banyak terima kasih dan salut atas kontribusinya untuk terselenggaranya acara ini, dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur lainnya yang telah membantu kegiatan ini mudah mudahan Allah SWT yang membalasnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan itu juga Camat Singkil Sofyan, SH turut serta menyampaikan sambutannya ia mengatakan terselenggaranya acara ini adalah berkat pikiran jernih dari para saudara Kepala Desa dan BPG bukan saya kemudian disambut baik oleh LPTQ Kecamatan mudah – mudahan Sampai akhir acara nanti tidak ada hambatan.

Kepada pak bupati dan wakil bupati lanjut Sofyan perlu kami sampaikan tujuan acara lomba MTQ tingkat Kecamatan Singkik ini bertujuan pertama adalah untuk dapat mengorbitkan anak – anak kita yang selama ini tidak muncul, kedua sesuai dengan tema MTQ Kecamatan Singkil ” dengan semangat MTQ kita satukan langkah menuju Insan Qurani Kecamatan Singki, ketiga Kecamatan Singkil berupaya untuk meraih juara umum tingkat Kabupaten yang akan datang.

Dalam kesempatan itu juga camat Singkil berharap kepada Bupati Aceh Singkil agar pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan diperbubkan agar naantinya para kepala desa tidak ragu lagi dalam menggunakan Dana Desa untuk kegiatan MTQ tersebut. Ujarnya

Terakhir, dalam kesempatan itu juga Bupati Aceh Singkil Dul Musrid dalam sambutannya menyampaikan pada pembukaan ini terlihat masyarakat sangat antusias dan semangat menyaksikan acara ini, dan ia juga menyampaikan jangan hanya menyaksikan saja akan tetapi realisasikan kandungan isi Alquran.

Dengan membaca Al – Quran jiwa yang gundah gulana, kesusahan membuat hati dan jiwa kita menjadi tenang. Setelah mendengar usulan yang baru saja disampaikan camat Singkil tersebut bahwasanya kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan agar diperbubkan akan kami koordinasikan bersama para camat selama tidak bertentangan dengan aturan saya akan dukung.

Selanjutnya, tambah Bupati kepada dewan juri yang baru disumpah benar – benar sportif dalam penilaian peserta lomba jangan ada interpensi didalamnya bekerjalah dengan jujur sesuai dengan aturan.

Kemudian, harapan saya kepada peserta lomba jadilah anak – anak yang baik cinta kepada Al – Quran dan Hadist sehingga kalian terhindar dari perbuatan yang tidak baik. Semoha kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan ini bisa ditiru oleh 11 Kecmaatan lainnya yang dikabupaten Aceh Singkil.

Turut hadir dalam pembukaan lomba MTQ tingkat Kecamatan Singkil, Bupati dan Wakil Bupati, Anggota DPRK Aminullah Sagala, Kadis Syariat Islam, Camat Singkil, Danramil, Kapolsek, KUA Singkil, Para Mukim Se – Kecamatan Singkil, Para Kepala Desa, Dewan Hakim Dewan juri, para peserta Lomba dan insan pers. (R84)