Buka Pemilihan Duta GenRe, Nawal Lubis Berharap Tingkat Stunting di Sumut Terus Menurun

127

MEDAN ketikberita.com | Ketua Tim Pengerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2022. Hal ini diharapkan dapat mempercepat penurunan tingkat stunting di Sumut.

Apalagi, kualitas remaja saat ini akan menjadi tolok ukur penurunan stunting di Indonesia, khususnya Sumut. Diketahui, angka stunting di Indonesia sebesar 24,4%, sedangkan Sumut 25,8% berdasarkan Survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat membuka Grand Final Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas GenRe Sumut 2022 yang dilaksanakan Perwakilan BKKBN Sumut di Ballroom Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1 Medan, Sabtu (26/3).

Menurut Nawal, stunting menjadi topik serius, karena dampak dari stunting akan menurunkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) , yang mengakibatkan tidak mampunya seseorang untuk bersaing di dunia kerja. Apalagi tantangan di masa mendatang yang semakin kompleks.

“Karenanya masa remaja perlu mendapat perhatian dan pengawasan khusus agar remaja dapat melaluinya sesuai tahap perkembangan dan pertumbuhan, sehingga tercipta remaja yang memiliki kualitas yang optimal,” ujarnya.

Nawal berharap, duta yang terpilih nantinya bisa mengedukasi remaja sehingga angka stunting di Sumut bisa menurun. “Kalian sebagai duta bisa menceritakan kepada teman-teman bahwa menikah dini itu tidak baik bagi generasi muda, sehingga kasus stunting di Sumut turun hingga dibawah 20 persen,” harapnya.

Sermentara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Muhammad Irzal mengatakan Genereasi Berencana (GenRe) ini merupakan suatu wadah bagi remaja untuk memberikan edukasi penyuluhan dan konseling bagi sesama remaja tentang tiga masalah pokok Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR). Yaitu, pertama, tidak menikah muda dibawah usia 21 tahun, kedua seksualitas (pergaulan seks bebas) dan ketiga tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.

Menurut Irzal, Sumut memiliki penduduk berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 berada diangka 14,8 juta jiwa, didalamnnya ada sekitar 2,5 juta remaja yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota di Sumut. “Dari 2,5 juta usia remaja pada hari ini diwakili oleh 50 finalis dari 14 Kabupaten Kota se Sumut yang akan menjadi Duta GenRe Sumut tahun 2022.

Irzal berharap Kabupaten/Kota di Sumut untuk mempersiapkan duta GenRe untuk diutus mengikuti kompetensi di tingkat provinsi. “ BKKBN akan terus melakukan sosilasiasi ke Kabupaten/ Kota dan berharap ke depan Kabupaten/Kota bisa mengirim utusannya. Ini sudah pemilihan yang ke enam , Sumut tahun 2019 pernah mendapat peringkat dua nasional untuk Genre putra, artinya tidak saja di tingkat provinsi tapi anak-anak kita akan bersaing dengan 34 provinsi lainnya,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP.PKK Sumut Nawal Lubis dikukuhkan menjadi Bunda GenRe Sumut untuk mempercepat penurunan stunting di Sumut oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Muhammad Irzal.

Turut hadir Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten/Kota se Sumut, Ketua Forum GenRe Sumut Tengku Muhammad Arif. (er)