Buka Akses Jalan yang 20 Tahun Tertutup Bangunan Liar, Bobby Nasution Juga Lengkapi Jalan Aman dengan Drainase

139

MEDAN ketikberita.com | Menindaklanjuti perintah Wali Kota Medan Bobby Nasution, Dinas Pekerjaan Umum (PU) melaksanakan pekerjaan pembuatan drainase dan pengaspalan Jalan Aman, Kelurahan Cinta Damai, Medan Helvetia. Sebelum membenahi jalan, terlebih dulu Dinas PU akan menyelesaikan drainase di samping kiri kanan jalan umum yang selama dua puluh tahun belakangan ini tertutup aksesnya akibat bangunan liar itu.

Kepala Dinas (Kadis) PU, Topan Obaja Putra Ginting, sewaktu melakukan peninjauan pekerjaan tersebut kemarin mengatakan, pengaspalan jalan akan dilakukan sepanjang 207 meter dengan lebar 5 meter.

“Tak hanya jalan, kita juga membuat drainase guna mengalirkan air yang dapat menganggu pengguna jalan. Drainase kita buat sepanjang jalan dengan lebar satu meter,” terang Topan.

Sampai kemarin, progress pekerjaan telah sampai kepada tahap penggalian untuk membentuk drainase. Direncanakan pengaspalan baru akan dilakukan setelah pekerjaan drainase selesai.

Pekerjaan ini mendapat dukungan dari warga sekitar. Soalnya, sudah dua puluh tahun warga Jalan Aman Lingkungan 2 dan 1 Kelurahan Cinta Damai itu mengalami keterputusan akses jalan umum yang selama ini ditutupi bangunan liar itu.

Menurut Lurah Cinta Damai Syena Christy Septiana Sitegar, bangunan liar rumah semi permanen yang menutupi akses Jalan Aman itu didirikan 20 tahun lalu. Akhirnya, jalan pun jadi sempit, hanya tersisa satu meter.

“Yang bersangkutan sudah menempati rumah tersebut sejak 2004 lalu dengan berdasarkan surat perjanjian di bawah tangan dan tidak diketahui kepling dan lurah serta tidak ada tanggalnya,” terangnya.

Syena menuturkan, pihaknya telah melakukan rapat bersama Asisten Pemerintahan untuk melaksanakan pengukuran bersama Dinas PU untuk melihat luasan jika dilakukan pembebasan. “Karena lahan itu adalah aset Pemko Medan terhitung mulai dari ujung Jalan Kelambir V sampai ke Jalan Aman ujung Pasar I. Lebarnya, sesuai data sampai 8 m. Namun, sekarang tinggal 1 meter,” paparnya.

Warga Jalan Aman Kelurahan Cinta Damai sangat gembira karena ternyata Bobby Nasution memenuhi keinginan. Salah seorang warga, Maharis Siahaan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Sudah lama kami menunggu akses jalan ini dibuka. Dan ternyata pada saat ini keinginan itu baru sekarang bisa terwujud,” ungkapnya.

Dia pun mengatakan tetap mendoakan agar Pemko Medan makin diberkati dan diberikan kebijaksanaan agar pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Medan. (er)