BPD HIPMI Sumut Silaturrahmi Dengan Pengusaha Muda Kota Medan

123

MEDAN ketikberita.com | BPD HIPMI Sumut mengadakan Silaturahmi kepada Masyarakat dan para Pengusaha Muda Medan dan para Pengusaha Bisnis Daerah keseluruh Kabupaten Sumatera Utara dan Provinsi yang berdekatan dengan Kota Medan, dan juga untuk meningkatkan daya Ekonomi di Sumatera Utara khususnya Kota Medan dengan tema “Peran Pengusaha Muda Dalam Berkolaborasi Dengan Pemerintah Kota untuk Percepatan Dalam Pemulihan Ekonomi”.

Untuk mewujudkan misi menciptakan pengusaha muda yang tangguh, BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumut khususnya Kota Medan menggelar Silaturahmi di Hotel Regale Jumat (30/9/2022). Hal tersebut diungkapkan Ketua BPD HIPMI SUMUT Ade Jona Prasetyo.

Lanjut Ade Jona Prasetyo selalu mendukung dan mendorong para Pengusaha Muda untuk bergabung di HIPMI, supaya para Pengusaha Pemula tau keberadaan HIPMI sebenarnya, karena paska Pandemi Covid kita harus banyak merangkul para Pemula Pengusaha. Karena kita membutuhkan pemikiran-pemikiran anak Muda, untuk memajukan Ekonomi Indonesia khususnya Kota Medan. Maka dengan kita merangkul para Pemula Usahawan, akan mempertahankan Laju Ekonomi di Kota Medan.

Kami sebagai Mitra Kerja Strategis Pemerintah, akan terus berbuat yang terbaik untuk Kota Medan. Alhamdulillah bahwa Pertumbuhan laju Ekonomi Bangsa Imdonesia melalui UMKM sebanyak 61℅, makanya dengan kita kuat dan bersatu dalam Strategis, agar laju pertumbuhan Ekonomi Negara Indonesia bisa naik kelas mencapai 70 dan 80%. Mari kita berkomunikasi secara Intens antara para pengurus HIPMI dan Pemerintah Kota Medan.

Hal senada Ketua BPC HIPMI Kabupaten Sergei Gopal Simbolon paska Pandemi Covid tidak ada masalah, karena hampir rata-rata Masyarakat Sergei sendiri Petani dan bercocok tanam, jadi aman dan kendali.Hanya dikit aja harga Sawit turun dan khusus Padi harga Fluktuatif. Di Kabupaten Sergei sendiri selain Sawit dan Bercocok tanam Padi,masyarakat Sergei juga banyak sebagai Usahawan atau UMKM.

Dimana Kabupaten Sergei itu dikenal sebagai Kabupaten Dodol terbesar dan terbaik Sumatera Utara. Sehingga kami sebagai Wadah Para Usahawan yang tergabung dalam HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) harus mewadahi mereka, agar lebih maju dan Go Internasional. Karena setelah adanya jembatan Tol Tebing Tinggi-Tamora, banyak masyarakat kalau mau berpergian ke Jakarta atau jalan-jalan ke Siantar, sudah melalui Tol, tidak jalan umum lagi seperti biasa.

Jadi pendapatan mereka sangat berpengaruh sekali, bahkan Omzet para penjual Dodol sudah menurun secara drastis samai 30-40%.Makanya kehadiran kami sebagai HIPMI di Kabupaten Sergei terus memberikan arahan dan motivasi bagaimana terus meningkatkan Market Dodol tersebut.

Makanya kami akan memperkuat Sistem Marketer bagaimana Dodol terus kembali tumbuh, dan itu sudah terbukti jalan setiap hari Weekend sudah sudah sunyi para pengendara Roda 2 dan roda 4. Sehingga para pengunjung yang dulunya meriah sekarang sudah tidak meriah lagi.

Jadi kami dari BPC HIPMI Kabupaten Sergei berterimakasih kepada Ketua BPD HIPMI Sumut Pak Ade Jona Prasetyo yang sudah membentuk HIPMI di Kabupaten Sergei, dan Ketua Umum Jona sangat bagus dalam hal pengarahan kepada kami yang di daerah, bagaimana Tehnis Strategis dalam meningkatkan Market UMKM di Kabupaten Sergei.

Lanjut Gopal dari sinilah paska HIPMI Sergei terbentuk pada tanggal 27- September 2022 oleh Ketua BPD HIPMI Sumut Ade Jona Prasetyo, saya sangat bangga dan semangat akan memikirkan kembali supaya UMKM di Kabupaten Sergei kembali meriah dalam hal Market Dodolnya, yang dulu nya pengunjung sepi, agar bagaimana kembali meriah dalam hal pembelian Dodol. Karena terus terang Dodol di Segeri ini sudah tahun 60 an, sudah 3 atau 4 keturunan yang jual. Dan rasa Dodol di daerah Bengkel kita tidak kalah enak dengan dodol di Daerah Jawa.

Karena banyak juga pengunjung di Pulau Jawa bahkan Pengunjung di Asia Tenggara termasuk Singapura, Malaysia, Brunei Darusalam bahkan Negara Asia Tenggara lainnya sudah mencicipin dan bahkan sebagai oleh-oleh ke Negara mereka. Bahkan para Turis para Bule juga sudah mencicipin dodol Bengkel.

Lanjut Gopal untuk merecovery atau melakukan Pemulihan agar para UMKM keseluruhan di Sergei termasuk para Penjual Dodol,dengan sistem pemasaran secara “Masiv, Profesional dan secara On Line, karena lebih bagus juga dalam pemesanan secara On Line, supaya jangkauan lebih luas lagi, sampai Mancanegara,ungkap Ketua BPC HIPMI Kabupaten Serdang Bedagai yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Gopal Simbolon mengakhiri. (Said Kamal S. Sos)