BNPB Apresiasi Pemko Medan di Bawah Kepemimpinan Bobby Nasution Massif Lakukan Upaya Mitigasi Bencana

114

MEDAN ketikberita.com | Masyarakat semakin paham akan mitigasi bencana menjadi harapan yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam Pagelaran Budaya Sadar Bencana, Mitigasi Bencana Melalui Kearifan Lokal di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (21/10) malam. Dengan demikian dampak yang diakibatkan dari kemungkinan terjadinya bencana dapat diminimalisir.

“Lewat ini, kami berharap, masyarakat dan kita semua menyadari pentingnya sebuah mitigasi. Mencegah untuk mengurangi dampak,” kata Bobby Nasution di hadapan Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr Rustian SSi Apt MKes, Forkopimda Kota Medan, pimpinan perangkat daerah, camat serta masyarakat.

Kemudian, menantu Presiden Joko Widodo ini mengungkapkan, pagelaran budaya menjadi salah satu sarana penyampai pesan kepada masyarakat, termasuk untuk mitigasi bencana. Sebab, di dalam keragaman budaya di Indonesia, imbuhnya, senantiasa diajarkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin kuat.

“Artinya, pesan-pesan itu lah yang kita butuhkan. Kebersamaan, kepedulian antar sesama, saling mengerti dan memahami menjadi kekuatan bagi kita semua untuk bersama-sama mengantisipasi dan menghadapi terjadinya bencana yang kita yakini tentu tidak kita inginkan terjadi,” terangnya.

Pria kelahiran Kota Medan ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang peduli akan kondisi lingkungan serta alam untuk sama-sama dijaga. “Kita jaga bersama alam, lingkungan dan sekali lagi, mitigasi bencana adalah tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, apresiasi disampaikan Sestama BNPB Rustian kepada Pemko Medan di bawah kepemimpinan Bobby Nasution untuk melakukan pembersihan Sungai Deli. Diungkapkan Rustian, langkah yang dilakukan menjadi salah satu bentuk nyata mitigasi bencana yang telah dilakukan secara luas.

“Kami mengapresiasi massif nya upaya-upaya mitigasi bencana yang dilakukan Pemko Medan. Penanggulangan bencana bukan hanya sekadar tanggung jawab beberapa pihak, melainkan tanggung jawab kita semua,” bilang Rustian di kegiatan yang mengusung tema “Bersahabatlah Dengan Alam Maka Kau Akan Menjadi Sahabat Sejatinya” tersebut.

Di kesempatan itu, Pemko Medan juga menerima satu unit mobil rescue dari BNPB. Penyerahan mobil diterima langsung Bobby Nasution seraya melakukan peninjauan untuk melihat langsung kondisi dan kesiapan mobil rescue untuk digunakan nantinya. (red)