Bimtek Asistensi Penerbitan Bukti Potongan, Penyampaiam SPT Tahunan Serta Pemadanan NIK – NPWP

319

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Dalam upaya mendukung kelancaran pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias, dilaksanakan Sosialisasi Terkait Validasi NIK-NPWP, Pembuatan Bukti Pemotongan PPh Pasal 21, Pelaporan SPT Tahunan PPh Dan Pelaksanaan Pemungutan Pajak Dan Retribusi Daerah, bertempat di Gedung Serba Guna, Lt III Kantor Bupati Nias. Kamis, 16 Februari 2023.

Dilansir dari niaskab.go.id, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si menyampaikan bahwa pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara, yang di dalamnya memuat program pembangunan negara di berbagai aspek.

Salah satu upaya untuk mewujudkan yaitu pemerintah merumuskan terobosan untuk meningkatkan kembali kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan kewajiban pajaknya sebagai wajib pajak (WP).

“Pelaporan yang dimaksud tidak hanya sebatas pajak penghasilannya saja, tetapi juga wajib melaporkan pajak yang telah dibayarkan melalui penyampaian surat pemberitahuan (SPT) pajak” ujar Bupati Nias

Ia menerangkan bahwa Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) tahunan merupakan laporan pajak yang dilaporkan satu tahun sekali, baik oleh wajib pajak badan maupun pribadi yang berhubungan dengan perhitungan dan pembayaran pajak penghasilan, objek pajak penghasilan, dana/atau bukan objek pajak penghasilan, harta dan kewajiban sesuai dengan peraturan pajak untuk satu tahun pajak atau bagian dari tahun pajak.

“Sebagai tindaklanjut pekan panutan penyampaian SPT tahunan ini, seluruh wajib pajak diharapkan dapat melaporkan SPT tahunannya sebelum jatuh tempo dengan batas akhir 31 maret 2023” pungkasnya

“ASN harus dapat menjadi contoh dan panutan kepada masyarakat bahwa Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kabupaten Nias adalah abdi negara yang taat pajak” tegas Bupati Nias
Akhirnya dengan memanjatkan Puji Syukur Ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si membuka secara resmi “Sosialisasi Terkait Validasi NIK-NPWP, Pembuatan Bukti Pemotongan PPh Pasal 21 Dan Pelaporan SPT Tahunan PPh”.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Narasumber yakni Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, Dan Konsultasi Perpajakan Gunungsitoli dan Mewakili KPP Pratama Sibolga, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat Se-Kabupaten Nias, beserta seluruh hadirin. (Wardiy)

Artikulli paraprakHj Jasmi Calo TKW Asal Kronjo Diduga Tercium Lakukan Human Trackingdan Diduga Melanggar Moratorium
Artikulli tjetërRakor Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2023, Bupati Nias Barat Harapkan Semua Pihak Berpartisipasi