BI Sumut Panen Perdana Demplot Klaster Kopi Gapoktan Berkarya di Kabupaten Dairi

141

DAIRI (Sumut) ketikberita.com | Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, I G P Wira Kusuma melakukan panen perdana Demonstration Plot (Demplot) klaster kopi, di Gapoktan Berkarya di Dairi, Jumat (1/12/2023).

Turut hadir pada panen perdana Demplot klaster kopi Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Surung Charles Lamhot Bancin, Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Dairi Lipinus Sembiring, Kadis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM Dairi, Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Dairi, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan OPD Dairi, Camat Sumbul, Kepala Desa Dolok Tolong, Ketua Gapoktan Berkarya, Walmanso Simbolon bersama anggota.

I G P Wira Kusuma mengatakan, Bank Indonesia turut mendorong UMKM yang produktif, kompetitif, dan berdaya saing. Salah satunya mewujudkan Local Economic Development melalui pembentukan klaster unggulan daerah baik di bidang tanaman pangan, hortikultura, maupun peternakan.

Dia menyebutkan, Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia. Berdasarkan data BPS, pada tahun 2022 produksi kopi di Sumatera Utara mencapai 71.588 ton, atau sekitar 26,72% dari total produksi kopi nasional.

Disebutkan, beberapa potensi Kopi Sumatera Utara antara lain, kualitas kopi yang tinggi, salah satunya dari Kabupaten Dairi yaitu kopi Sidikalang. Selanjutnya kondisi geografis yang mendukung, tanah yang subur, iklim yang tropis, dan ketinggian yang ideal untuk tanaman kopi, potensi pasar yang besar, dimana tren permintaan kopi di dunia terus
meningkat.

“Untuk mengembangkan potensi kopi Sumatera Utara tersebut, Bank Indonesia telah melakukan pendampingan secara intensif kepada klaster kopi Gapoktan Berkarya sejak November 2021. Program pengembangan dilakukan secara bertahap dan multiyears (2021-2026) dari sisi hulu ke hilir serta bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak khususnya Pemerintah Daerah.

Harapan ke depannya kelompok tani mampu “naik kelas” menjadi klaster yang mandiri dan dapat bermanfaat bagi kelompok tani lainnya,” jelasnya.

I G P Wira Kusuma mengungkapkan, Gapoktan Berkarya merupakan kelompok yang diinisiasi oleh Bank Indonesia bersama Pemkab Dairi yang merupakan gabungan dari 3 Kelompok Petani kopi (Poktan) yaitu, Poktan Dos Roha Nauli Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul, Poktan Marsitalupan Desa Dolok Tolong, Kecamatan Sumbul dan KWT Aloi Desa Kentara, Kecamatan Lae Parira.

BI juga telah melakukan beberapa upaya pengembangan pelatihan dan demplot 2 Ha budidaya Good Agriculture Practice (GAP) kopi berada di 3 area dengan varietas Arabika Komasti dan Robusta Sidikalang (berlokasi di Desa Kentara 1 Ha bibit Robusta, Desa Perjuangan 0,5 Ha bibit Arabica, dan Desa Dolok Tolong 0,5 Ha bibit Arabica).

BI juga memfasilitasi dalam bentuk pemberian saprodi bibit, pupuk, dan pestisida. Pelatihan dan pendampingan program pembibitan kopi di 2 lokasi (Desa Dolok Tolong dan Desa Perjuangan), serta bantuan benih kopi varietas komasti dari Puslitkoka Jember serta pelatihan produksi dan pengolahan pupuk organik.

Selanjutnya bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa alat pengupas buah kopi (pulper) dan huller. Pendampingan intensif juga dilakukan sejak April 2022 dari Klaster Kopi . Hal ini merupakan sinergi Fajar Harapan binaan Bank Indonesia Sumatera Utara.

“Ke depan program akan diarahkan untuk penguatan pemasaran, kerja sama antar instansi, dan hilirisasi. Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan potensi kopi Sumatera Utara khususnya Dairi dapat terus dikembangkan dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah khususnya meningkatkan ekonomi petani.

“Kami berharap, program demplot menggunakan Good Agricultural Practices (GAP) yang telah berjalan juga dapat menjadi contoh yang dapat direplikasi di seluruh lahan kopi milik Gapoktan Berkarya sekitar 15 Ha. Melalui pendampingan multiyears ini, kami juga berharap Gapoktan.

Berkarya tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas tanam namun juga dapat tumbuh menjadi klaster champion yang melahirkan para petani pakar yang menjadi rujukan bagi para petani lainnya,” katanya.

Wira Kusuma menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang baik dari tenaga pendamping, yakni Klaster Kopi Sinergi Fajar Harapan, serta dukungan dari Bupati Dairi, Dinas Pertanian serta Dinas terkait lainnya di Kabupaten Dairi dalam upaya peningkatan nilai tambah komoditas kopi di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Dairi.

“Kami berharap dengan semakin banyaknya pihak yang terlibat dan mereplikasi program ini, peningkatan nilai ekonomi dari komoditas kopi Sumatera Utara menjadi lebih cepat dan mampu mewujudkan kesejahteraan petani.,” serunya. (red)