Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Himbau Warga Birem Bayeun Pasang Bendera

61

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun 2021, ada pemandangan menyejukkan di wilayah Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur.

Anggota TNI Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Atim dan anggota Polsek Birem Bayeun wilayah hukum Polres Langsa dengan semangat menghimbau warga untuk memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing, Minggu (1/8/2021).

Mereka adalah para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah Kecamatan Birem Bayeun.

Sangat sederhana. Berbekal pengeras suara mini, mereka kompak mondar-mandir di bawah terik matari sekedar untuk menghimbau warga memasang bendera menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76.

Pemandangan di wilayah Kecamatan Birem Bayeun itu sudah terlihat sejak akhir bulan Juli 2021, dimana warga diminta untuk memasang umbul-umbul dan bendera sebagai bentuk partisipasi guna memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 nanti.

“Ini adalah salah satu bentuk sinergitas 2 instansi demi menciptakan situasi Kamtibmas di Kecamatan Birem Bayeun”.

Melihat semangat Babinsa dan Babinkamtibmas tersebut, Danramil dan Kapolsek Birem Bayeun turut memberikan apreasiasi kepada para aparat negara ini untuk membangun dan menjaga kesatuan bangsa di wilayah binaan mereka.

Kapolsek Birem Bayeun Iptu Eko Hardianto, SE, MH mengajak seluruh warga dan jajaran Gampong/Desa yang ada di wilayah Birem Bayeun agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 bulan, mulai tanggal 1 s/d 31 Agustus 2021 mendatang.

Lanjut Kapolsek, selain itu juga untuk instansi pemerintahan (Kantor Kecamatan, Puskesmas, dan Kantor Geuchik), swasta, perkebunan, sekolahan dan lainnya juga diharapkan turut serta memasang bendera merah putih dan umbul-umbul.

“Para personel Babinsa dan Babinkamtibmas juga diminta door to door mengajak masyarakat memasang bendera Merah Putih di depan rumahnya seperti yang dilakukan hari ini, guna menyemarakkan peringatan HUT RI tahun 2021 ini,”jelas Iptu Eko.

Sementara itu Danramil 11/Brb Lettu Inf Jaya Sakti menambahkan, walaupun kita tidak mengalami bagaimana heroiknya para pahlawan kemerdekaan dalam perjuangannya merebut kemerdekaan, namun kita dapat belajar pada pengalaman para sesepuh kita yang masih hidup dan terlibat langsung dalam upaya perjuangan merebut kemerdekaan.

Dimana nilai perjuangan yang sangat relevan kita gunakan sebagai landasan perjuangan kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan, tukas Danramil.

“Kita ada saat ini sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak merasakan perjuangan pendahulu kita, kehilangan harta benda, saudara, bahkan kehilangan jiwa juga, perjuangan mereka para pendahulu luar biasa dan patut kita hormati dan kenang sampai kapanpun, untuk itu melalui momen bulan sejarah rakyat Indonesia, marilah kita semarakkan peringatan HUT ke-76 RI, yang tahun ini mengusung tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, tandas Lettu Jaya Sakti. (AA)