Berdampak positif Dirasakan Masyarakat, Bupati Nias Mengapresiasi Inovasi Penerapan IKD

182

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil gelar Acara Peluncuran Perdana Penerapan Identitas Kependudukan Digital Kepada PNS Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Tahun 2023, bertempat di Gedung Serba Guna, Lt. III Kantor Bupati Nias, Rabu (15/2).

Kepala Disdukcapil, Tehesokhi Hulu, S.IP dalam laporannya menyampaikan, bahwa penerapan IKD ini bertujuan untuk mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan yang dapat meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk.

” Serta mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital, dan mengamankan kepemilikan identitas kependudukan digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data.” paparnya.

Selanjutnya, Tehesokhi Hulu, S.IP memberitahukan bahwa Penerapan Identitas Kependudukan Digital kepada PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias dimulai hari ini dengan cara memasang dan mengaktifkan aplikasi IKD pada Gawai Bupati, Wakil Bupati, Sekda Nias dan Seluruh hadirin.

” Hal ini dilakukan dengan harapan PNS yang sudah registrasi bisa menjadi corong untuk bantu sosialiasi di tengah masyarakat.” ujarnya.

Dilansir dari niaskab.go.id, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si sangat mengapresiasi inovasi penerapan IKD ini karena dampak positifnya sangat dirasakan masyarakat, untuk itu sangat perlu dilaksanakan dan dikembangkan.

Lanjutnya, bahwa inovasi pelayanan publik berbasis teknolgi IT terus dilakukan. Salah satu yang terbaru dan sedang hangat dibicarakan adalah inovasi yang digagas Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2022 lalu, bernama Identitas Kependudukan Digital yang berbentuk aplikasi digital ID.

“Saya perlu menggaris bawahi bahwa terwujudnya penyelenggaraan pelayanan Administrasi Kependudukan yang baik, amanah, cepat dan valid telah menjadi fokus kita Bersama dan dengan hadirnya Identitas Kependudukan Digital ini, akan semakin memperkuat kehadiran pemerintah dalam pelayanan administrasi kependudukan” tegas Bupati Nias.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si juga menyatakan bahwa mulai minggu depan akan diterapkan kepada seluruh PNS, Penduduk Kabupaten Nias dengan cara petugas dari DUKCAPIL akan mengunjungi masing-masing perangkat daerah.

“Dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi Trisakti Nias Maju dan untuk menciptakan Kabupaten Nias yang maju, sekaligus Pemerintah Kabupaten Nias terus membenahi menghadirkan pelayanan publik yang benar-benar dapat dijangkau dan dirasakan oleh masyarakat” ujar Bupati Nias.

Penerapan IKD ini akan melalui 3 tahapan yakni:

1. Tahap pertama, dilakukan untuk pegawai di Lingkungan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota, pada Dinas Dukcapil Kab Nias, hal ini sudah terlaksana.

2. Tahap kedua, untuk Aparatur Sipil Negara di seluruh Indonesia. khusus penerapan IDK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias akan dimulai hari ini, dan

3. Tahap ketiga, untuk seluruh masyarakat Indonesia yang telah memiliki KTP-el atau pernah melakukan perekaman biometrik.

Turut hadir Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias. (Wardiy)