Bawaslu Sumut Peluncuran Peta Kerawanan Pilkada 2024, Diharapkan Jadi Pegangan Pencegahan Pelanggaran

19

MEDAN ketikberita.com | Bawaslu Sumut menggelar Peluncuran Peta Kerawanan Pemilihan 2024 yang digagas Bawaslu Sumut berlangsung, Kamis (19/9/2024) di Hotel Karibia Medan.

Hadir Pj Gubsu Agus Fatoni diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Basarin Yunus Tanjung, Ketua KPU Sumut Agus Arifin, Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis beserta jajaran seperti Suhadi Sukendar Situmorang, Romson Paskoro Purba, dan Payung Harahap, organisasi media/pers dan unsur Forkopimda Sumut serta simpul partisipatif dari masyarakat sebagai pengawas Pemilu.

Penjabat Gubernur Sumut, Agus Fatoni, mengatakan upaya mendukung suksesi Pilkada Serentak 2024, pihaknya telah menyalurkan dana hibah yang dapat dikelola Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pemilu.

Gubsu menyampaikan, Badan Pengawas Provinsi Sumatera Utara memainkan peran vital dalam mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilihan 2024 secara jujur, adil, bebas dan langsung sehingga menghasilkan demokrasi yang bermartabat.

“Kiranya dana hibah ini dapat dikelola dengan baik dan penuh tanggungjawab, terutama bagi jajaran Bawaslu dalam upaya melaksanakan pengawasan pesta demokrasi ini. Pilkada serentak 2024 merupakan agenda nasional yang harus kita sukseskan bersama,” tutur Fatoni.

Peta kerawanan ini diharap dapat menjadi pegangan bagi Bawaslu Sumut dan jajaran dalam upaya mitigasi pencegahan terhadap pelanggaran Pilkada baik tingkat provinsi sampai kabupaten/kota.

“Kami apresiasi Bawaslu Sumut yang mengadakan acara peluncuran peta kerawanan ini sekaligus momen strategis bagi kita untuk mengawal seluruh tahapan Pilkada serta sebagai mitigasi potensi pelanggaran dan kecurangan yang nantinya dapat terjadi,” ujarnya.

Lewat peta kerawanan ini pula, Bawaslu Sumut memiliki pedoman dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga tingkat kepercayaan publik atas integritas demokrasi mampu dijaga pada level yang baik.

“Peta kerawanan ini juga sangat krusial sebagai pedoman kita bersama karena lewat Pilkada ini kita akan memilih pemimpin terbaik untuk memajukan daerah kita ke depan. Kami juga terus berkoordinasi dengan semua unsur Forkopimda Sumut dan berbagai pihak dalam menghadapi tantangan selama tahapan Pilkada,” ujarnya.

Kabag Pengawasan Bawaslu Sumut, Batara AP Tampubolon, dalam laporannya menyampaikan bahwa peluncuran peta kerawanan pemilihan 2024 tingkat Sumut merupakan tindak lanjut dari program nasional yang digagas Bawaslu RI bersama kementerian dan lembaga.

Pihaknya berharap lewat acara ini mampu mengedukasi masyarakat untuk sama-sama mengawasi potensi pelanggaran yang akan terjadi selama pelaksanaan pemilihan serentak 2024. (red)

Artikulli paraprakBawaslu Sumut : Nias Barat Masuk Kategori Kerawanan Tinggi Pada Pilkada 2024