Bangkitkan Pendidikan Di Deli Serdang, Gubernur Sumut Resmikan Gedung MA Sekolah Bintang Rabbani DD Waspada

476

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, meresmikan gedung Madrasah Aliyah (MA) Sekolah Bintang Rabbani Dompet Dhuafa Waspada di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Senin, (25/7/2022).

Lewat pengguntingan pita, Gubsu meresmikan gedung secara simbolis didampingi Wakil Bupati Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar, Deputi Kepala Perwakilan BI Prov Sumut, Ibrahim, Pembina Dompet Dhuafa Waspada, dr. Hj. Rayati Syafrin, MBA, MM, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, dan Direktur Sekolah Dompet Dhuafa Waspada, Amal Lubis, S.Pd.I.

Dalam kesempatan itu, Edy mengaku sangat senang dapat hadir meresmikan gedung. Ia juga mengatakan bahwa ia siap mendukung fasilitas yang dibutuhkan oleh Sekolah Bintang Rabbani. “Tadi kita sudah tanya apa yang dibutuhkan, butuhnya aula, insya Allah akan kita bantu penuhi untuk dianggarkan di APBD,” ucap Edy.

Edy juga menginginkan kedepannya dapat memiliki waktu luang untuk bisa kembali berkunjung ke sekolah yang satu-satunya berbasis Islam di daerah tersebut. “Mudah-mudahan ada waktu luang, biar bisa lebih lanjut meninjau sekolah dan mendiskusikan berbagai sinergi,” kata Edy.

Wakil Bupati Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar, yang hadir pada acara peresmian tersebut menyampaikan pidato dari Bupati Deli Serdang. Dalam pidatonya, ia mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa Waspada yang telah banyak menghadirkan program baik di bidang ekonomi sosial, dan untuk di sini khususnya pendidikan.

“Tentunya kami pun siap untuk terus mendukung sekolah ini agar tetap berkembang hingga dampaknya nanti bisa benar-benar dirasakan bagi masyarakat,” sampainya.

Ia juga menyinggung keberadaan Madrasah Aliyah sebagai salah satu lembaga pendidikan. “Pentingnya madrasah sebagai salah satu kesadaran masyarakat muslim untuk mempersiapkan generasi yang memiliki potensi dan pemahaman agama yang baik. Karena generasi unggul bukan hanya kecerdasan intelektual juga butuh kecerdasan spiritual,” ucapnya.

Pada acara peresmian itu juga, Pembina Dompet Dhuafa Waspada, dr. Hj. Rayati Syafrin, MBA, MM, turut menceritakan sekilas tentang sejarah berdirinya sekolah tersebut.

“Hari ini saat saya di sini, kembali mengingatkan memori bagaimana awal mula sekolah ini didirikan. Berawal dari penempatan dai yaitu ananda kami Amal Lubis, yang kemudian bersama masyarakat sepakat mendirikan sekolah berbasis Islam,” ucapnya.

Ia pun juga menyampaikan bahwa sekolah ini berjalan tanpa dipungut biaya dari siswa. “Secara umum masyarakat di sini memiliki ekonomi yang lemah, makanya hadirnya sekolah ini juga untuk membukakan jalan bagi mereka bisa tetap bersekolah terutama mendapat pendidikan Islam,” kata Rayati.

Kepada hadirin, Rayati pun berharap untuk tetap bersama mendukung Sekolah Bintang Rabbani ini. “Karena ini untuk kemaslahatan umat, semoga kita tetap bisa sama-sama peduli kepada sekolah ini,” harapnya.

Mewakili donatur, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Ibrahim, yang juga hadir pada acara tersebut turut mengapresiasi kehadiran Madrasah Aliyah Sekolah Bintang Rabbani.

“Mengutip kata seorang filsuf bahwa pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup. Maka, hadirnya jenjang Madrasah Aliyah di sekolah bintang ini bukan hanya sekedar bekal dunia saja melainkan bekal dunia dan akhirat,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa BI siap mendukung berbagai upaya dalam berbagai program untuk pendidikan di sekolah tersebut. “Apalagi tadi saya dengar siswanya menang olimpiade. Saya yakin ini bukan sekolah kaleng-kaleng, untuk para guru serta muridnya tetap semangat untuk membawa sekolah ini lebih baik karena kita tahu pendidikan instrumen ampuh dalam mengubah dunia,” katanya.

Terkait dengan peresmian gedung Madrasah Aliyah ini, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang turut serta dalam perkembangan sekolah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah bersedia untuk sama-sama membangun sekolah ini hingga sampai sekarang sudah ada tingkat Madrasah Aliyahnya,” ucap Sulaiman.

Sulaiman pun berharap agar masyarakat luas senantiasa turut serta membantu keberlangsungan sekolah tersebut. “Demi kebaikan kita bersama, terutama untuk umat, mudah-mudahan kita bisa terus membantu sekolah ini agar bisa membawa manfaat bagi masyarakat setempat”.

Selain acara peresmian gedung, turut juga pemberian penghargaan kepada lima orang guru di Sekolah Bintang Rabbani yang telah mengabdi lebih dari 10 tahun. Kelima guru tersebut yakni Amal Lubis, S.Pd.I, Rukinah, S.Pd.I, Pinda Muliawati, S.Pd, Nurbaiti Lubis, S.Pd.I dan Sulistini, S.Pd. (r/red)