Baitul Mal Aceh Singkil Gelar Studi Banding Ke Aceh Tamiang Dalam Rangka Peningkatan Potensi ZIS

42

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil Adakan kegiatan kunjungan studi banding ke Kabupaten Aceh Tamiang tepatnya di kantor Baitul Mal Aceh Tamiang, Kamis (7/10/2021).

Dalam amatan langsung awak media ketikberita.com Sesampainya di Aceh Tamiang Kepala Baitul Mal Aceh Singkil Ustad Ali Sadikin beserta rombongan bertemu Pimpinan BMK Aceh Tamiang disaat itu juga ia mengatakan tujuan kami menggelar studi banding di Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang adalah untuk belajar bagaimana cara meningkatkan pendapatan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) karena pendapatan ZIS kami di Aceh Singkil masih sedikit Hanya baru mencapai 8 Milyar.

Lanjut Ali Sadikin, kita ketahui juga Mustahik (penerima ZIS) semakin bertambah dan sedihnya lagi pendapatan ZIS semakin berkurang. Maka dari itu kami perlu belajar lagi kepada Baitul Mal Aceh Tamiang tentang bagaimana meraih ZIS tersebut agar Semakin meningkat. Ujarnya

Kemudian, Ketua Dewan Pengawas Syariah (DPS) Baitul Mal Aceh Singkil Asmardin mengatakan berdasarkan info yang beredar di media sosial yang saya baca pendapatan ZIS Baitul Mal Aceh Tamiang semakin meningkat mencapai kurang lebih 10 milyar dalam setahun. Imbuhnya

Atas dasar itu kami Baitul Aceh Singkil ingin sekali belajar bagaimana cara meningkatkan pendapatan ZIS tersebut. Selain itu juga kami ingin juga belajar tentang adminitrasi manajemen keuangan ZIS, manajemen Pengumpulan data, serta manajemen pendistribusian ZIS, dan lain – lain yang dianggap perlu. Tuturnya.

Kemudian, Wakil Kepala Baitul Mal Aceh Singkil, H. Ridwan juga mengatakan kunjungan ini baru pertama kali kami adakan ke Baitul Mal Aceh Tamiang kedatangan kami disana disambut langsung oleh Kepala Baitul Mal Aceh Tamiang Bapak Mulkan Tarida Tampubolon, S.Pd.I Lc. M.Hi dan Kepala Sekretariat BMK Aceh Tamiang, mereka mengatakan sangat senang saat bertemu dengan Kepala Baitul Aceh Singkil beserta jajarannya yang ikut dalam kunjungan tersebut.

Dalam tujuan kunjungan itu kami menanyakan tentang berbagai hal menyangkut pengelolaan ZIS seperti bagaimana cara meningkatan potensi zakat, SOTK Baitul Mal, Adminitrasi keuangan ZIS, adminitrasi penyaluran dan pendistribusian zakat, Tugas dan fungsi Baitul Mal Gampong.

Terakhir, Ridwan dari hasil kunjungan kami atau studi banding ini dapat kami terapkan di Aceh Singkil. Pungkasnya

Turut hadir dalam rombongan studi banding tersebut Ustad Ali Sadikin (Kepala BMK Aceh Singkil ), H. Ridwan, (Wakil Kepala BMK), Asmardin (Ketua Dewan Pengawas Syariah), Hasanuddin (Anggota DPD), Ruslan (anggota DPS), Para Kabag dan Kasi BMK, beserta Staf Sekretariat BMK Aceh Singkil. (R84)