Baitul Mal Aceh Serahkan Bantuan Modal Usaha Kepada Para Mustahik Di Aceh Singkil

264

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Baitul Mal Provinsi Aceh (BMA) secara simbolis serahkan bantuan usaha kepada ribuan mustahik di Aceh Singkil.

Acara ini digelar diruang offroom Kantor Bupati Aceh Singkil yang dihadiri kepala Sekretriat Baitul Mal Aceh, Pj Bupati, para Asisten, SKPK terkait, seluruh Komisioner dan Sekretariat Baitul Mal Aceh Singkil, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Rahmad menyampaikan bahwa Kabupaten Aceh Singkil penerima bantuan usaha terbesar dari lima Kabupaten.

“Baitul Mal Aceh menyalurkan bantuan modal usaha yang bersumber dari dana Infak kepada para mustahik di Aceh Singkil mencapai Rp.18,247 Milyar untuk tiga ribu lebih mustahik dan menjadi Kabupaten terbesar penerima manfaat pada tahun 2022, Hal ini kami lakukan, ialah sesuai dengan data yang kita peroleh dari BPS mengenai tingkat kemiskinan seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh,” tutur Rahmad. Kamis (12/01/2023).

Kemudian, penerima bantuan adalah para mustahik yang memiliki usaha dan membutuhkan modal usaha, dan para penerima juga mendapatkan bantuan dengan nilai bervariasi sesuai kebutuhan dan hasil survey, mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat menurunkan angka kemiskinan di Aceh Singkil.

“Setidaknya pada tahun 2022 Baitul Mal Aceh memiliki dua program besar yang dimana anggarannya mencapai Rp.45 Milyar diantaranya bantuan modal usaha untuk para mustahik sebesar Rp.40,026 Milyar dan untuk modal usaha kelompok sebesar Rp.5 Milyar,” ujar Rahmad

“Kami mengajak Pemkab Aceh Singkil dan seluruh elemen masyarakat agar memantau para penerima bantuan usaha ini sehingga betul-betul dimanfaatkan untuk modal usaha, mengingat bantuan ini adalah dari dana Infak,” pintanya.

“Nah, memang kemarin kita lakukan pemblokiran atas rekening para penerima sebelum kita beri arahan, namun kami pastikan blokiran sudah dibuka dan sudah dapat dicairkan di Bank Aceh Syariah besok atau paling lama Senin depan,” tuturnya.

Sementara itu Pj Bupati Marthunis dalam kesempatan itu mengucapkan banyak terimakasih kepada Baitul Mal Aceh yang telah menyalurkan bantuan usaha untuk para mustahik di Aceh Singkil.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Baitul Mal Aceh, mudah-mudahan ini menjadi keberkahan untuk kita bersama, dan kami berusaha menjaga amanah ini, dan kalau ini berhasil maka sangat luar biasa,” kata Marthunis.

“Ini adalah anugerah yang luar biasa, akan kita pantau dan dampingi, bila ini berhasil maka kita akan follow up dengan acara pelatihan dari Pemerintah,” ucap Marthunis. (R84)