Babinsa Pante Bidari Tinjau Normalisasi Saluran Irigasi di Desa Binaan

116

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Serka Abdul Hakim Babinsa Koramil 20/Pante Bidari Kodim 0104/Aceh Timur bersama perangkat Desa Seuneubok Tuha melakukan pengecekan saluran Irigasi yang telah dinormalisasi berlokasi di Desa setempat, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (8/1/2022).

Pemerintah Desa Seuneubok Tuha telah melakukan upaya normalisasi saluran irigasi sepanjang 700 m sebagai langkah dalam menyambut musim tanam padi sekaligus menjaga debet air dimusim pengujan yang saat ini masih berlangsung.

Disela-sela kegiatannya Serka Abdul Hakim menyampaikan, normalisasi saluran Irigasi merupakan pemeliharan dalam mengembalikan fungsi saluran air menjadi lebih optimal, sehingga dapat mengalir dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pertanian.

“Saluran irigasi mempunyai peran penting dalam bidang pertanian, tanpa adanya sistem irigasi, usaha pertanian tidak akan berjalan maksimal,” jelasnya.

Lanjutnya ia mengatakan kegiatan yang kami lakukan adalah salah satu upaya pendampingan pertanian dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik diwilayah tingkat desa.

Geucik Seuneubok Tuha Nasrul menambahkan normalisasi saluran irigasi di desanya adalah langkah yang telah diambil untuk kelancaran pengairan guna menjaga pasokan air ke area pertanian serta meminimalisir terjadinya luapan banjir.

“Puluhan hektar sawah milik warga bergantung pada irigasi ini, dengan melakukan normalisasi mudah-mudahan dapat memperlancar asupan perairan ke sawah para petani,”imbuhnya. (AA)